Sunday, November 29, 2020
   
TEXT_SIZE

Tingkatkan Pendapatan Hasil Pajak, Kanwil DJP I Jateng Sosialisasi di Untag Semarang


Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id – Pajak merupakan hasil pendapatan negara yang paling strategis, sehingga target capaian yang dicanangkan diupayakan terpenuhi. Menurut Kepala Kanwil DJP I Jateng Irawan mengatakan, dari 1 Januari hingga 11 Agustus 2017, capaian pajak baru dikisaran 43% dari target yang dicanangkan sebesar 31,6 trilyun rupiah. Meskipun demikian Irawan optimis kekurangan yang ada tersebut akan terpenuhi disaat akhir tahun ini. 

“Untuk mengoptimalkan terpenuhinya target capaian, sengaja kami melakukan edukasi pajak yang sasarannya adalah siswa dan mahasiswa.”Mereka perlu mengenal lebih inten tentang pajak, sehingga kesadaran mereka terhadap kewajiban membayar pajak diharapkan semakin tinggi setelah mendapatkan pengetahuan dari narasumber kami.”

Ia menjelaskan, pendapatan pajak di 2016 mencapai 90,1%, yakni 29 trilyun rupiah dari target 32 trilyun rupiah. Kita harapkan di 2017 hasil capainya meningkat. 

Pernyataan tersebut disampaikan pada acara pemberian edukasi terkait pajak yang diselenggarakan oleh Kanwil DJP I Jateng, berlangsung di Untag Semarang  dengan diikuti sepuluh perguruan tinggi di Semarang, serta 250 mahasiswa  Untag Semarang dari perwakilan  berbagai fakultas. Acara yang hari ini (11/8) masih berlangsung tersebut, untuk narasumber Wahyudi, Kasi Keberatan, Banding dan Pengurangan  Kanwil DJP I Jateng. Dirinya mengutarakan, melalui taat pajak secara tidak langsung masyarakat ikut berpartisipasi membangun negara. Menurutnya sektor pendapatan negara terbaik adalah berupa pendapatan dari sektor pajak.

“Jika kita (negara-red) hanya mengandalkan utangan, utang kita sudah banyak dan bunganya sangat tinggi. Padahal melalui pajak mampu mendominasi pendapatan negara hingga dominan mencapai 75%. Itupun dapat ditingkatkan hingga mencapai pada tataran optimal” jelas Wahyudi 

Melalui acara edukasi berupa penyuluhan kepada siswa dan mahasiswa inilah kelak hasil dari pendapatan sektor pajak akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Saya tandaskan, melalui taat pajak telah kita amalkan Pancasila. Dari aspek politik, sektor pajak merupakan hasil dari rakyat untuk rakyat.” tambahnya. 

Rektor Untag, Suparno pada prinsipnya mengapresiasi dan menyambut baik prakarsa  dari Kanwil DJP I Jateng yang telah mempercayakan kampusnya untuk penyelenggaraan  edukasi penyuluhan tentang pajak kepada ratusan mahasiswa yang hadir di acara ini.

“Untag Semarang dengan Kanwil DJP I Jateng sudah cukup lama menjalin kerjasama, sehingga kami sangat respek dan mengapresiasi sekiranya kampus kami  dipercaya Kanwil DJIP I Jateng sebagai tuan rumah atau yang berketempatan. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan