Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Gubernur Jawa Tengah Beri Kuliah Umum di Uniba Surakarta



Surakarta-kopertis6.or.idMahasiswa Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta pada hari Rabu (27/7) mendapat kunjungan tamu istimewa, yaitu Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH., MIP, yang memberikan kuliah umum dengan tema “Memajukan bangsa dengan Kejujuran dan Integritas Tinggi“ di aula Sidoluhur kampus UNIBA Surakarta.

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa kejujuran sangat penting untuk ditegakkan dalam segala aspek. “Bangsa ini akan maju kalau kita jujur, bangsa ini akan maju kalau kita berani,tegasnya.

Gubernur juga memberikan pertanyaan kepada mahasiswa, “Sebagai mahasiswa, saya ingin bertanya kepada kalian, sebenarnya apa masalah terbesar Indonesia yang paling mendesak saat ini?” Gubernur memberikan kesempatan kepada tiga orang mahasiswa untuk menjawab. Mahasiswa pertama, Taslimah dari Fakultas Akuntansi UNIBA memaparkan masalah Indonesia yang paling mendesak ada 3 yaitu, moralitas, ekonomi, dan pendidikan.

Mahasiswa kedua, Hari Sapto (Presiden BEM UNIBA) menegaskan bahwa masalah utama bangsa yang paling meresahkan saat ini adalah kemunculan game Pokemon Go, akan tetapi yang terpenting adalah masalah Sumber Daya Manusia yang masih sangat kurang kesadarannya untuk mendukung kemajuan bangsa. Sedangkan mahasiswa ketiga yaitu Bambang Wilopo dari Pascasarjana UNIBA memberikan pendapat bahwa masalah terbesar bangsa adalah integritas dan kejujuran yang sangat rendah yang dimiliki masyarakat.

Menanggapi ketiga jawaban mahasiswa tersebut, Ganjar menjelaskan bahwa moralitas dapat dibentuk dari berbagai faktor, yaitu latar belakang orang tua, pendidikan, dasar agama, dan lingkungan. Ekonomi dapat ditingkatkan dengan pembinaan secara langsung dan dengan memberikan modal kredit tanpa agunan untuk dapat memulai usaha sehingga masyarakat yang kurang mampu dapat berpenghasilan mandiri.

Sedangkan masalah pendidikan sendiri kita harus memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan, karena dengan pendidikan yang tinggi dapat mengubah nasib seseorang menjadi lebih baik. Masalah SDM dapat diatasi dengan memberikan pembinaan dan peningkatan mutu SDM dengan pelatihan dan pendidikan yang lebih tinggi.” terangnya. Sebagai kenang-kenangan Gubernur memberikan buku hasil karya beliau yang berjudul “Kontroversi Ganjar” untuk mahasiswa.

Sebelumnya, Rektor UNIBA Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS menyampaikan salam hangat dan ucapan terimakasih atas kehadiran Gubernur beserta jajarannya yang telah menyempatkan diri untuk meluangkan waktu dan bersedia memberikan kuliah umum di kampus UNIBA yang juga merupakan rangkaian acara Dies Natalis UNIBA ke-33.

COMMUNITY

Materi Pelatihan