Friday, May 29, 2020
   
TEXT_SIZE

Agar Siswa SMK Paham Pajak, Poltek HB Gelar Pelatihan

Tegal-kopertis6.or.id – Politeknik Harapa Bersama (Poltek HB) Tegal melalui dosen progdi Akuntansi Pajak, melakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pengisian SPT orang pribadi, bertempat di SMK Negeri 1 Brebes, belum lama ini (17/4).

Guru Bimbingan Konseling SMK Negeri 1 Brebes, Ali Subchi, M.Pd menyampaikan, mata pelajaran perpajakan merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan dikejuruan akuntansi. Mengingat pentingnya pajak  bagi negara, maka perlu pentingnya pemahamahan soal pajak.

“Meskipun mata pelajaran perpajakan telah diajarkan, namun siswa SMK masih belum mahir dalam pengisian SPT, khususnya SPT PPh orang pribadi. Pelatihan ini merupakan upaya agar siswa kelas XII yang ada di sekolah kami semakin mahir dalam perpajakan, agar setelah lulus dapat terjun di dunia kerja.” jelasnya.

Ali menambahkan, Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah, pelatihan ini juga dapat menjadi bekal, mengingat mata kuliah perpajakan merupakan mata kuliah inti kurikulum pada progdi akuntansi.

Menurut ketua tim PKM, Hetika MSi mengutarakan, UU perpajakan di Indonesia terus mengalami perubahan. Misalnya, perhitungan pajak penghasilan (PPh), baik wajib pajak badan maupun pribadi mulai 2009 harus mengacu pada UU PPh baru.

“Wajib pajak yang tidak ber-NPWP akan dikenakan wajib pajak yang lebih tinggi. Perubahan ini pasti akan berdampak pada masyarakat dengan semakin banyaknya warga negara yang ber-NPWP.”    ucap Hetika.

 

Dengan pelatihan ini Dia berharap, peserta SMK mampu memahami pokok-pokok perubahan dari UU perpajakan yang baru.

COMMUNITY

Materi Pelatihan