Friday, August 19, 2022
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Belanda Student Exchange di FT Unissula

Semarang-kopertis6.or.id - Empat mahasiswa Rotterdam University Belanda, yaitu Ricky Boogert, Johannes Gerit Advokaat, Chahid Lhajoui, dan Abdelmalik El Hani, mengikuti program pertukaran mahasiswa di Fakultas Teknik (FT) Unissula.

Kepala UPT kerjasama dalam dan luar negeri Unissula Muna Yastuti Madrah (24/9) menyatakan, pertukaran mahasiswa ini merupakan sebuah kerjasama strategis bukan hanya bagi Unissula, tetapi juga secara makro untuk memajukan dunia pendidikan tanah air. Masih menurut Muna, saat ini tiga mahasiswa Fakultas Teknik Unissula juga sedang mengadakan penelitian dan mengerjakan tugas akhir di Rotterdam University.

Ia menambahkan,  program semacam ini sangat positif karena dapat memberikan kesempatan dan pengalaman bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan, baik akademis dan non akademis. Unissula sangat konsen menggarap bidang ini, karena mahasiswa perlu dibekali tidak hanya dengan materi-materi perkuliahan di dalam kampus, namun perlu pengalaman internasional dan jaringan yang lebih luas.

Supervisor dari program ini yaitu Prof Slamet Imam Wahyudi DEA (Fakultas Teknik Unissula) dan Prof Rick Heikoop (Rotterdam University), baru-baru ini bertemu guna membahas perkembangan. Pada kesempatan tersebut,  mereka beserta ke empat mahasiswa dari Rotterdam University juga bersilaturahmi Rektor Anis Malik Thoha MA PhD.

Dalam pertemuan  dibahas tentang pengembangan kerjasama, dimana tidak hanya meliputi departemen teknik sipil saja, melainkan fakultas-fakultas lain, baik yang ada di Unissula dan Rotterdam University.  Direncanakan pada bulan November, Rektor akan menandatangani ekspansi kerjasama ini di Rotterdam University.

COMMUNITY

Materi Pelatihan