Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

Dahlan Iskan Beri Kuliah Umum di UMM

Magelang – “Menjadi orang sukses tidak harus punya cita-cita. Hidup terus saja mengalir, akan tetapi alirannya yang deras dan jangan hanya sekedar mengalir.”

Pernyataan tersebut merupakan salah satu kiat khusus yang disampaikan Dahlan Iskan saat memberikan kuliah umum.

Disela kesibukannya sebagai Menteri BUMN, Dahlan Iskan masih bersedia menyempatkan diri memberi kuliah umum di depan mahasiswa diberbagai falultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM),  baru-baru ini.

Sebelum memberikan materi kuliah umum, Dahlan Iskan berkesempatan mengamati hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Otomotif dalam menciptakan inovasi mobil dan motor berbahan bakar LPG. Rasa penasarannya terhadap hasil karya tersebut, Dahlan Iskan pun mencoba melakukan test drive.

“Mobil hasil inovasi ini sangat bagus, sehalus mengendarai mobil berbahan bakar bensin. Hasil penelitian ini perlu terus dikembangkan, serta publikasikan kepada masyarakat,” ungkap Dia.

Mobil berbahan bakar gas LPG menjadi unggulan program studi Otomotif dalam melakukan inovasi dan pengembangan mobil nasional hemat bahan bakar sebelum mobil hybrid yang bisa menggabungkan antara sumber energi LPG, listrik dan BBM.

Menurut salah satu peneliti yang terlibat dalam proyek tersebut, Bagyo Condro, ST dari Fakultas Teknik UMM mengatakan, Mobil LPG ini sangat hemat bahan bakar. Cukup dengan 1 kg gas LPG, bisa menempuh jarak 35 km. Apabila dikalkulasikan dengan rupiah asumsi tabung gas 4 kg seharga Rp.15.000,- , dapat menempuh jarak 140 km.

Untuk mengkonversi 1 unit mobil dari bahan bakar bensin ke mobil berbahan bakar LPG, hanya membutuhkan biaya sekitar Rp.10 juta. Kedepan, apabila teknologi inovasi digunakan sarana angkutan umum, maka setidaknya dapat membantu program pemerintah dalam penghematan bahan bakar.

COMMUNITY

Materi Pelatihan