Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

UMP Targetkan Tambah Profesor Setiap Tahun

 

Banyumas – lldikti6.ristekdikti.go.id - Lembaga perguruan tinggi yang berkembang baik tak lepas dari tradisi keilmuan, termasuk juga bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang pada April 2019 mendatang  memasuki usia  54 tahun.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Anjar Nugroho mengatakan,  untuk mewujudkan tradisi keilmuan tersebut sejumlah target telah ditetapkan pimpinan UMP, diantaranya peningkatan kualitas pendidikan para staf pengajarnya.

''Saat ini UMP sudah dalam posisi yang baik. Dosen dengan kualifikasi pendidikan doktor sudah ada 52 orang, sedangkan yang masih melaksanakan studi lanjut S3 ada 85 dosen,'' ungkapnya.

Dengan program peningkatan kualifikasi pendidikan yang terus berlangsung, Dr Anjar berharap dalam waktu lima tahun ke depan sudah lebih dari 50 persen dosen UMP bergelar doktor. Dalam hal tradisi keilmuan, Anjar juga mengaku pimpinan UMP tengah mengupayakan agar setiap dosen di institusinya mampu membuat karya ilmiah minimal satu karya ilmiah per tahun.

''Karya ilmiah itu harus terpublikasikan di jurnal internasional, sebagai salah satu langkah menuju akreditasi internasional''. katanya

Dr Anjar kembali berharap UMP ke depan mampu menghasilkan satu profesor setiap tahunnya. ''Untuk mewujudkan hal ini, UMP terus mengupayakan percepatan kualifikasi untuk menjadi profesor. Dosen-dosen yang sudah berpangkat lektor kepala, kita dorong untuk menuju profesor,'' tegasnya

Sementara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan bidang pekerjaan yang dibutuhkan, UMP juga akan terus mengembangkan diri dengan menambahnya berbagai program studi.

''Saat ini sedang kita persiapkan beberapa program studi baru, dan sudah di proses di Kemen ristek dikti. Kemungkinan tahun ini izin keluar, sehingga pada  tahun ajaran 2019 mulai  menerima mahasiswa baru,'' papar Warek 1.

Menurutnya, UMP sudah mempunyai 38 program studi jenjang pendidikan sarjana dan magister. Untuk program magister (S2), UMP telah memiliki beberapa program studi, diantaranya Progdi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Farmasi, dan Magister Manajemen. ''Dalam waktu dekat, UMP juga akan memiliki program doktoral untuk Ilmu Pendidikan,'' jelasnya. (sumber berita dari Humas UMP)

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan