Wednesday, April 08, 2020
   
TEXT_SIZE

Pustakawan UM Magelang Bicara di Forum Internasional

Magelang-lldikti6.or.id – Atin Istiati, SIP.,M.IP Pustakawan dari UM Magelang berhasil terpilih menjadi speaker dalam forum International Federation of Library Assosiation World Library and Information Conggress (IFLAWLIC) 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia, baru-baru ini. IFLA merupakan organisasi perpustakaan tingkat dunia. Tahun ini jumlah seluruh peserta hadir dalam forum perpustakaan dunia tersebut sebanyak 3600 orang, berasal dari 115 negara.

Menurut Atin, dirinya terpilih menjadi speaker di forum bergengsi tersebut setelah melalui proses seleksi tulisan dalam Call for Paper yang berlangsung sejak Agustus 2017. “Ada 44 sesi presentasi yang masing-masing memberikan tema penelitian terkini tentang kepustakawanan di dunia.” ungkapnya

Lebih jauh dirinya menjelaskan, dirinya berangkat bersama enam delegasi lain dari Indonesia. Mereka berasal dari perguruan tinggi, LIPI dan Perpusnas. Dalam konggres yang diadakan di Kuala Lumpur Convention Centre tersebut menyampaikan dalam sesi Librarian Fashion dengan mengangkat tulisan berjudul Traditional Costumes As Librarians’ Uniforms for Work at Public libraries of Yogyakarta, Indonesia yang ditulisnya bersama Ida Fajar Priyanto, Ph.D dari UGM. Sesi ini diikuti 600 peserta dari berbagai negara.

Mengenai tema, Atin mengatakan, pakaian tradisional yang dikenakan oleh pustakawan di perpustakaan umum Yogyakarta sangat menarik perhatian panitia, karena dianggap sesuatu yang baru untuk diketahui dan dipresentasikan.

Dalam presentasinya yang berdurasi 20 menit Atin membeberkan lebih dalam tentang pustakawan yang mengenakan pakaian tradisional saat bekerja, merupakan sebuah keunikan yang jarang ditemui. “Hal ini ternyata menjadi “ikon” baru bagi fesyen pustakawan yang selama ini lebih identik dengan hal-hal yang terlalu formal.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya, karena banyak ilmu dan pengetahuan baru yang didapat dari acara tersebut.” akunya

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan