Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa UMP Ciptakan Gel Anti Jerawat dari Kulit Semangka

 

Banyumas-kopertis6.or.id - Tim Program kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memanfaatkan limbah kulit buah semangka sebagai Gel Antijerawat.

Mereka terdiri dari Yola Anggraeni, Tika Ambarwati dan Irmas Miranti dari Fakultas Farmasi UMP.  Menurut ketua kelompok Yola Anggraeni, semangka adalah salah satu tanaman yang dapat mengatasi jerawat. Semangka ini (C. lanatus) merupakan buah yang dapat tumbuh disegala musim, sehingga mudah di dapat dan harganya murah.

Yola menjelaskan,  Indonesia salah satu  negara yang memiliki iklim tropis, sehingga masyarakat harus siap menerima resiko terhadap masalah jerawat. “Pada iklim tropis tubuh lebih sering berkeringat, sehingga kelenjar keringat akan bekerja sangat aktif dan menghasilkan minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat,” katanya.

Ia mengatakan, kulit buah semangka memiliki senyawa aktif sebagai anti bakteri  terpenoid, mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Likopen ini di klaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan.

Setelah melihat permasalahan tersebut, dengan dibimbing oleh Dosen Fakultas Farmasi UMP Erza Genatrika, M.Sc., Apt mencoba untuk membuat gel dari kulit buah semangka. “Kami dari TIM PKM-PE Fakultas Farmasi berinisiatif membuat gel dari kulit buah semangka yang bernama “Citrula Gel” dari limbah kulit buah semangka (Citrullus lanatus) sebagai antijerawat (Acne vulgaris),” papar Yola

COMMUNITY

Materi Pelatihan