Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahfud MD Ketua Dewan Penyantun USM

Semarang-kopertis6.or.id – Mantan Ketua Makamah  Konstitusi periode 2008-2013, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH,SU yang akrab disapa Mahfud MD tersebut,  hadir di acara Wisuda ke-55 Universitas Semarang (USM) di kampus Jl. Soekarno-Hatta Pedurungan. Kehadiran mantan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional ini, selain memberikan orasi ilmiah juga menerima SK pengangkatan sebagai Ketua Dewan Penyantun yang langsung diserahkan oleh Ketua Pembina  Yayasan Alumni UNDIP, Prof. Dr. Muladi.

Saat memberikan sambutan Muladi menyampaikan harapan kepada Mahfud MD agar tidak ragu-ragu dalam membantu memajukan USM. “Semoga dengan kehadiran bapak sebagai Ketua Dewan Penyantun di USM akan mempercepat proses terealisasinya usulan pendirian Fakultas Kedokteran” harapnya.

Diangkatnya Mahfud MD sebagai Ketua Dewan Penyantun USM diapresiasi Koordinator Kopertis VI, DYP Sugiharto.  “Saat ini USM telah memiliki dua tokoh nasional, Prof. Muladi dan Prof. Mahfud sebagai mantan Menteri. Hal ini tentu bermakna dan berimplikasi untuk menjaga marwah dan kehormatan beliau.” Katanya

Menurut orang nomor satu di jajaran Kopertis VI tersebut, untuk penyelenggaraan Wisuda ke-55 kali ini merupakan forum yang istimewa, Insya Allah kehadiran kedua tokoh nasional ini menjadi  berkah bagi wisudawan untuk mengikuti jejak beliau sebagai tokoh nasional.

Dalam orasinya Mahfud MD menyampaikan, kunci sukses dalam menghadapi kehidupan adalah tidak takut terhadap tantangan dan resiko, serta berani berjuang dan tidak takut gagal. “Orang sukses adalah oran yang mau bekerja keras untuk kemajuan diri.” tegasnya

Ia menambahkan, seseorang harus memiliki rendah hati, karena dengan memiliki kriteria rendah hati seseorang memiliki percaya diri akan tetapi selalu hormat terhadap orang lain, tidak merasa paling pintar dan tidak menonjolkan diri.

Wisuda USM kali ini diikuti sebanyak 1.547, terdiri dari 71 lulusan Program Diploma III, 1388 lulusan Program S1, 88 lulusan Program Magister (S2).

Tampak gambar : Mahfud MD saat menyampaikan orasi ilmiah.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan