Wednesday, April 08, 2020
   
TEXT_SIZE

Fisip Untag Semarang Tambah Satu Doktor


Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id – Setelah melalui ujian terbuka program Doktoral pada 19 Juli 2017 di Untag Surabaya, berhasil mengantarkan dosen tetap Fisip Untag Semarang, Drs. Soemarmo, M.Si tersebut meraih gelar Doktor.

Sumarmo berhasil meyakinkan para penguji Disertasi melalui karya ilmiahnya yang berjudul Kompetensi Sumber Daya Aparatur. Menurutnya, penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan pengembangan kompetensi sumber daya Aparatur Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Banjarnegara yang dipandang masih belum mendukung peningkatan kompetensi sumber daya aparatur.

Ia menjelaskan, rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi sumber daya aparatur KP2T Kabupaten Banjarnegara, serta bagaimana pelaksanaan dan model  pengembangannya.

“Penelitian ini saya lakukan dengan tujuan mendeskrepsikan dan menganalisis kompetensi sumber daya aparatur, pelaksanaan pengembangan kompetensi dan mengembangkan model pengembangan kompetensi sumber daya aparatur KP2T Kabupaten Banjarnegara.”terangnya

Soemarmo menegaskan, dalam penelitiannya menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yakni mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pengembangan kompetensi sumber daya aparatur KP2T masih menggunakan pola lama dan belum dilaksanakan bersamaan pelaksanaan pekerjaan (learning by doing), serta belum melaksanakan reposisi sumber daya aparatur bagi yang telah mengikuti diklat.

“Berdasarkan temuan tersebut, model pengembangan kompetensi sumber daya aparatur yang menggabungkan strategi melalui dekal modern dan ditindaklanjuti dengan strategi reposisi aparatur pasca diklat di tempat kerja secara berkelanjutan dipadang tepat bagi peningkatan kompetensi sumber daya aparatur di KP2 T Kabupaten Banjarnegara.” kata Soemarmo menambahkan.

Keberhasilan Soemarmo meraih gelar Doktor menempatkan dirinya sebagai Doktor urutan delapan di Fisip Untag Semarang.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan