Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Progdi Sastra Jepang Udinus Raih Akreditasi A

Semarang-kopertis6.or.id - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali menorehkan prestasi melalui program studi Sastra Jepang dengan meraih  akreditasi A, berdasarkan SK Nomor : 1522/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017 yang ditandatangani Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal (23/5).

Sastra Jepang merupakan program studi ke-6 Udinus yang memperoleh nilai akreditasi A. Sebelumnya, 5 prodi lainnya yakni S1 Teknik Informatika, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Sistem Informasi, S1 Akuntansi dan S1 Sastra Inggris telah lebih dulu memperoleh raihan prestasi yang sama.

Sebelum meraih akreditasi prodi Sastra Jepang terlebih dahulu dilakukan visitasi oleh tim asesor yang terdiri dari Nandang Rahmat, MA, PhD dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dan Prof. Djodjok Soepardjo, M. Litt dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) beberapa waktu lalu.

“Kami melihat Sastra Jepang Udinus ini sudah baik. Kebersamaan dan iklim belajar mengajar disini cukup nyaman, sehingga berefek pada suasana yang kondusif,” ujar Djodjok di sela-sela visitasi.

Ketua Program Studi Sastra Jepang, Tri Mulyani Wahyuningsih SS., M.Hum mengaku sangat senang dengan perolehan status akreditasi maksimal tersebut. Perolehan ini tidak lantas membuat ia berpuas hati. Bersama keluarga besar Sastra Jepang Udinus, ia berkomitmen terus menjaga nilai optimal yang sudah didapat saat ini.

“Status akreditasi A Sastra Jepang ini, merupakan  bentuk perwujudan kami mengemban visi menjadi program studi yang bermutu unggul di bidang kejepangan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan kewirausahaan di tingkat Asia pada 2025 mendatang,” tutur Tri Mulyani.

Tidak hanya terampil berbahasa Jepang secara lisan dan tertulis, lulusan Sastra Jepang Udinus juga dibekali dengan kemampuan tambahan dibidang teknologi informasi seperti komputer dan sinematografi. Dengan begitu lulusan yang lahir memiliki kesempatan bekerja di berbagai bidang yang lebih luas.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya,  Akhmad Saifudin, SS., M.Si mengaku bangga  salah program studinya meraih predikat akreditasi A. Kebanggaan itu bertambah karena predikat akreditasi A tidak dimiliki kampus lain di Jateng.

 “Ini menjadi berkah yang luar biasa, semoga prodi ini memberi kontribusi dan manfaat bagi kemajuan pendidikan institusi ini dan masyarakat luas.” harapnya

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan