Sunday, April 05, 2020
   
TEXT_SIZE

ITB Mendominasi Perolehan Medali Emas ON-MIPA

Semarang-kopertis.or.id – Penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Pengetahuan Alam (ON-MIPA) tingkat nasional yang diselenggarakan Kemenristekdikti dari 14 s.d 17 Mei 2017 di Hotel MG Setos Semarang, Institut Teknologi Bandung (ITB) mendominasi medali emas untuk keempat bidang, meliputi Matematika, Fisika, Kimia maupun Biologi.  

Untuk bidang Matematika, juara  pertama terdiri dari Poetri Sonya Tarabunga (ITB), Stephen Sanjaya (Univ. Pelita Harapan), Ricky The Ising (UGM). Bidang Fisika, juara pertama terdiri dari Edwin Aldrian Santoso, Emir Syahreza Fadhilla , Dhanika, ketiganya dari ITB. Untuk bidang Kimia, juara pertama terdiri dari Wahyu Orphan Kuswantoro , Ignatio Glory Admi Winning Kusuna, Muhammad Wildan Hukum, ketiga-tinganya juga dari ITB. Sedangkan untuk bidang Biologi, juara pertama terdiri dari Hana Fauzyah Hanifin (UGM), Alexander Sachio (ITS), dan realita Mustika Dewi (ITB).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Rina Indiastuti usai menyerahkan medali di acara penutupan tadi pagi mengatakan, Penyelenggaraan ON-MIPA di kalangan mahasiswa diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan akademik dan wawasan, serta kecintaan mereka terhadap MIPA.

“Semoga melalui event ini juga dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas dan wawasan staf pengajar, serta memberikan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi, khususnya di bidang MIPA” harapnya

Prof. Rina menjelaskan, kualitas pendidikan MIPA di era global dengan jutaan informasi yang dapat diperoleh dengan cara yang mudah, sangat membutuhkan kemampuan berpikir kritis. “Melalui pembelajaran Matematika, kemampuan berpikir kritis dapat dibangun, karena pola berpikir dalam Matematika berdasarkan kepada logika. Jadi, melalui MIPA dihasilkan sumber daya manusia handal yang memiliki kemampuan berpikir kritis untuk membangun bangsa.” tegasnya.

Kepada peraih medali emas ON-MIPA, Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa telah menyiapkan beasiswa ekstra kurikuler yang akan diberikan pada semester atau tahun berikutnya. Khusus juara Bidang Matematika dan kemudian terpilih mewakili perguruan tinggi Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Matematika di tingkat Internasional pada Agustus 2017 mendatang di Bulgaria. Disamping itu, akan diberikan beasiswa belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia, khususnya bagi peraih Gold dan Silver Medal.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan