Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

SEMINAR NASIONAL “Budaya Literasi menuju Menuju Generasi Emas bagi Guru Pembelajar”

 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Universitas PGRI Semarang hendak menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Budaya Literasi Menuju Generasi Emas bagi Guru Pembelajar”. Seminar akan dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Desember 2016, Pukul 08.00 s.d selesai di Gedung Balairung Universitas PGRI Semarang, Jalan Sidodadi Timur 24 Dr. Cipto, Semarang.

“Pada seminar nasional kali ini, kami menghadirkan tokoh-tokoh bidang bahasa dan sastra. Di antaranya, Seno Gumira Ajidarma (Sastrawan, Rektor Institut Kesenian Jakarta), Nh. Dini (Sastrawan), dan Prof. Dr. Gufron Ali Ibrahim, M.S. (Kepala Pusat Pembinaan Bahasa, Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa RI),” tutur Nanik Setyawati, S.S., M.Hum., Ketua Progdi PBSI.

Menurut Nanik, Bahasa Indonesia sebagai produk budaya bangsa, sudah seharusnya ditempatkan sebagai jati diri bangsa yang bermartabat serta menjadi penghela ilmu pengetahuan dalam rangka mencerdaskan bangsa. Tidak dipungkiri, dengan adanya pasar bebas dalam kawasan besar dapat menciptakan iklim persaingan global. Persaingan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berupa tenaga ahli, tenaga ahli dalam negeri dapat bersaing dengan tenaga luar negeri harus dapat menguasai keahlian bahasa.

“Pada seminar kali ini, kami juga berniat menyuarakan gerakan literasi bangsa yang digagas oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa merupakan cara untuk mengatasi masalah kultural masyarakat Indonesia yang belum mempunyai budaya literasi yang tinggi. Gerakan Literasi Bangsa dirancang untk membiasakan masyarakat gemar membaca dan menulis. Pemahaman guru terhadap literasi masih sangat minim. Seminar ini merupakan salah satu upaya dalam memantik kalangan akademisi agar semakin melek literasi,” ungkap Nanik.

Disampaikan Nanik, pada seminar kali ini akan dibahas beberapa sub tema, di ataranya mengenai peningkatan martabat bahasa, sastra, dan budaya Indonesia melalui budaya literasi, peran literasi dalam pengembangan karakter budaya dan bangsa,Bahasa Indonesia dalam kancah pergaulan Internasional, perkembangan literasi dalam pendidikan, bahasa, sastra, dan budaya, serta pemilihan metode, teknik, dan strategi dalam penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya dalam mendukung budaya literasi.

“Panitia mengundang kalangan akademisi dan praktisi pendidikan, sastra, dan bahasa atau berbagai elemen masyarakat yang peduli dan menggiati budaya literasi, baik dari dalam maupun luar negeri dengan ketentuan yang berlaku dan kami sebar infonya. Atau dapat menghubungi narahubung makalah, Pak Icuk Prayogi (083840708500),” tutur Nanik.

COMMUNITY

Materi Pelatihan