Tuesday, April 07, 2020
   
TEXT_SIZE

Kemenristekdikti Lakukan Penguatan Bidang Vokasi

 

Semarang-kopertis6.or.id – Pemerintah dalam hal ini Kemenristekdikti pada awal tahun 2017 mengeluarkan kebijakan terkait dengan pembukaan progdi baru dan moratorium.

“Pada 1 Januari 2017, pendirian perguruan tinggi baru Universitas, Institut, Sekolah Tinggi akan dilakukan moratorium, kecuali untuk pendirian perguruan tinggi Vokasi dan Institut Teknologi. Sedangkan pembukaan progdi baru hanya sebatas progdi Sains, Teknik dan Matematika.”

Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kasubbid Kemahasiswaan, Sumarno SE.M.Si ketika menghadiri wisuda di AKKES Asih Husada Semarang yang berlangsung di Patra Hotel, 17 Oktober 2016

Prof. DYP menjelaskan, strategi ini bercermin dari keberhasilan negara China yang jumlah penduduknya terkenal padat namun hanya memiliki beberapa perguruan tinggi (PT) yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding PT di negara kita. “Di China penyelenggaraan PT didominasi pendidikan Vokasi.” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, terkait hasil dapat kita lihat saat ini, China telah mengalami kemajuan yang sangat luar biasa. “Konsep seperti inilah kiranya yang akan dikembangkan di Indonesia, sehingga penguatan bidang Vokasi tidak dapat ditawar lagi.” tegas Koordinator

Lulusan AKKES Asih Husada yang diwisuda kali ini sebanyak 93 orang, terdiri lulusan dari progdi Keperawatan sebanyak 60 orang, progdi Kebidanan 33 orang.

COMMUNITY

Materi Pelatihan