Tuesday, April 07, 2020
   
TEXT_SIZE

E-Gamelan Udinus Tampil Memukau Di Rakor Kopertis se Indonesia



Solo-kopertisb.or.id – Tampil apik  di acara pembukaan Rapat Koordinasi (rakor) Kopertis se-Indonesia yang berlangsung di Loji Gandrung rumah dinas Walikota Surakarta, E-Gamelan persembahan dari mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) memperoleh apresiasi dari tamu undangan yang hadir, tanpa terkecuali Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristek-Dikti, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc dan Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

Untuk menghilangkan rasa penasarannya, Walikota Surakarta tidak sungkan-sungkan  melihat langsung dari dekat cara memainkan perangkat yang dimainkan mahasiswa Udinus tersebut.

“Ini luar biasa, dan ini merupakan sesuatu yang berbeda. Selama ini yang namanya kerawitan dibawakan dengan menggunakan seperangkat gamelan, ini menggunakan seperangkat komputer. Kreativitas yang ditunjukkan oleh mahasiswa Udinus inilah kiranya pantas diapresiasi.” ujarnya.

Tanpa menunggu komando, Hadi Rudyatmo meminta E-Gamelan untuk mengiringinya menembangkan lagu Gugur Gunung. Belum puas satu lagu, Walikota Surakarta mengajak Patdono untuk nembang bareng lagu Prahu Layar ciptaan almarhum Ki Narto Sabdo yang langsung mendapatkan aplaus dari seluruh tamu undangan yang hadir.

Pada kesempatan tersebut Udinus menampilkan tari Bedaya Nusantara yang dibawakan oleh lima mahasiswa. Sementara, tampilan dari PTS lain berupa Solo organ persembahan dari Univet Bangun Nusantara Sukoharjo, dari Tari Topeng persembahan dari mahasiswa Politeknik Indonusa untuk penyambutan tamu sebelum acara dimulai.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto usai acara memberikan ucapan selamat dan sukses, serta terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah sukses tampil dengan baik di acara tersebut.

COMMUNITY

Materi Pelatihan