Wednesday, April 08, 2020
   
TEXT_SIZE

Meningkat, Tahun Ini Mahasiswa Baru Unwahas Capai 1.891



Semarang-Kopertis6.or.id - Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) belum lama ini melangsungkan pembukaan orientasi mahasiswa baru (maba) yang berlangsung sederhana dengan dihibur tarian jawa yang dilakukan oleh mahasiswi Unwahas. Orientasi dibuka langsung oleh Rektor Unwahas, Dr Ali Mudzakir MA dan disaksikan segenap civitas akademika.

Sedikitnya 1.891 mahasiswa baru hadir untuk mengikuti orientasi pengenalan kampus yang akan dilakukan selama beberapa hari di lingkungan kampus Unwahas. Tahun ini mahasiswa baru Unwahas meningkat, dari yang dulunya hanya sekitar 1.750 orang. Sekarang sudah ada tambahan fakultas kedokteran yang sudah diperbolehkan membuka dan merekrut calon-calon dokter baru tersebut.

“Mahasiswa kita tiap tahun meningkat, apalagi kita juga sudah punya fakultas kedokteran dan tahun ini baru diperbolehkan menerima 50 mahasiswa baru. Meski kita kampus rakyat, akan tetapi kualitasnya hingga ke taraf nasional bahkan internasional,” tambahnya.

Menurutnya, sekarang ini di usianya yang sudah 16 tahun sejak berdirinya pada tahun 2000, mahasiswa baru Unwahas tak hanya berasal dari lokal wilayah Indonesia saja, melainkan dari negara asing juga ada yang mendaftar. “Kita salah satu kampus yang mahasiswa asingnya terbanyak di Jateng,” ungkapnya.

Mahasiswa asing selain dari Afghanistan, juga terdapat mahasiswa asing dari pasifik selatan yang berjumlah 10 orang. “Saat ini mereka sedang mengurus keimigrasiannya karena rencana mereka akan tinggal lama di Semarang,” pungkasnya.

Terpisah, Wakil Rektor Unwahas, Prof Dr Mahmutarom menambahkan, pendaftar mahasiswa baru di Unwahas tahun ini mencapai 2.652 orang, sementara yang diterima dan terseleksi diterima hanya 1.891. “Kuota rasio kita memang tidak banyak, bila ingin mencari mahasiswa sebanyak-banyaknya kita juga mampu. Semua perlu bersyukur kampus kita yang didirikan para pendiri Nahdlatul Ulama saat ini sukses sebagai kampus intelektual berkarakter,” pungkasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan