Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Stikes PKU Kunjungan Industri ke PT Sidomuncul dan PT Nissin

Ungaran-kopertis6.or.id – Sebanyak 30 Mahasiswa Semester IV Prodi S1 Ilmu Gizi STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, pada Senin, (8/8)  mengadakan kegiatan kunjungan Praktek Belajar Lapangan (PBL) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) industri dilakuka di PT Sidomuncul,  Kecamatan Bergas, Ungaran dan PT Nissin, Semarang.

Pemimpin rombongan, Tuti Rahmawati, S.Gz., M.Giz. menjelaskan,   dipilihnya PT Sidomuncul sebagai lokasi kunjungan karena merupakan industri bertaraf internasional, dan selalu berinovasi dengan produknya. “Kita juga ingin melihat filosofi kesuksesan PT Sidomuncul yang sudah berinovasi dengan mengembangkan berbagai minuman instan dan food supplement,” ungkapnya.

Wakil Ketua I, Sri Mintarsih S.Kep., Ns., M.Kes., berharap melalui kunjungan ini, mahasiswa menjadi termotivasi, sehingga nantinya siap di dunia kerja. “Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara nyata Aplikasi Mata Kuliah Pengawasan Mutu Pangan (PMP), dan melihat secara langsung Quality Control Pengawasan Makanan, juga melihat langsung penerapan HACCP (Hazard Analisis Critical Control Point) dan GMP (Good Manufacturing Product) seperti personal hygiene, sanitasi makanan,” lanjut Sri Mintarsih.

Selanjutnya pada kunjungan ke PT Nissin, Salah seorang mahasiswa, Rio mengatakan bahwa PKL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa bagaimana melihat proses dari industri tersebut. “Disamping itu kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru, bagaimana kami harus siap di dunia kerja yang dituntut tanggung jawab, disiplin dan profesionalitas,” terangnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan