Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Unissula Kirim Mahasiswa Ke Korea



Semarang-kopertis6.or.id – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang baru-baru ini menyambut sembilan mahasiswa yang telah menyelesaikan program student mobility di tiga negara yakni Belanda, Korea, dan Malaysia.

Mereka berasal dari Fakultas Teknik, yaitu Aldila Cahya Laily Aprilia, Etika Sukma Adiyanti, Nanang Hidayat kembali dari Rotterdam University; Belia Mulyaningtyas dan Indah Budiyati dari Fakultas Ekonomi kembali dari Dongseo University. Sedangkan Aniratul Hikmah, Erma Sri Hastuti, Afina Agwinanda, dan Sulastri (Fakultas Ekonomi), kembali dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

Pada kesempatan tersebut, Unissula sekaligus melepas dua mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri, yakni Wardianto Eko Saputro dan Ledi Angraeni Manenke Dongseo University, Korea.

Sekretaris UPT Kerjasama dalam dan luar negeri Unissula, Hendri Setyawan SE MPA menyampaikan, program student exchange yang mengambil tema spreading Islamic message of peace through exchange ini, merupakan tindak lanjut kerjasama antara Unissula dengan mitra di berbagai negara.

“Mahasiswa peserta student exchange adalah pilihan dari hasil seleksi yang dilakukan di fakultas masing-masing, dengan penilaian kualitas dan kompetensi.” Ia mengatakan sebelum diberangkatkan, setiap mahasiswa dibekali beberapa materi pre departure orientation, berupa penguatan budaya akademik islami, cross cultural understanding (CCU), dan dasar-dasar jurnalistik.

Salah satu perwakilan mahasiswa Nanang Hidayat mengungkapkan, banyak pengalaman yang didapatkan selama belajar di negara asing.“Dengan teman-teman internasional, kami saling sharing pengetahuan dan budaya. Selain itu, kami juga belajar tentang organisasi dan leadership.” Kata mahasiswaexchange di Rotterdam University ini.“Harapannya, ilmu yang telah didapatkan dapat menjadi bekal di era global, bersaing di tingkat nasional dan internasional.”Ia juga mengatakan akan membagikan ilmunya kepada rekan-rekan di Unissula dan berharap program ini terus berlanjut sampai kedepannya.

Sementara itu, Rektor Unissula H Anis Malik TohaLc MA PhD dalam sambutan nya mengatakan,  program student exchange ini adalah kesempatan langka yang tidak semua mahasiswa mendapatkan. “Meskipun hanya satu semester, tapi ilmu tentang bagaimana berbudaya, beretika, dan meyesuaikan diri dengan lingkungan baru adalah pengalaman yang sangat berharga.”ujarnya.

Lebih lanjut Anis berpesan, agar mahasiswa terus menjaga nama baik almamater Unissula dan identitas diri sebagai orang Islam. “Program student exchange ini sekaligus dapat menjadi  sarana syiar dakwah Islam keseluruh penjurudunia.”imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut tampak  hadir dekan Fakultas Ekonomi, Olivia Fachrunnisa PhD,  Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Prabowo Setiyawan PhD, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati, MSi, Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan, Dedi Rusdi, MSi, Akt dan Kepala UPT kerjasama, MunaYastuti Madrah MA.

COMMUNITY

Materi Pelatihan