Thursday, April 02, 2020
   
TEXT_SIZE

Kopertis Bekali Delegasi Pra National University Debating Championship

Salatiga-kopertis6.or.id – Bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah membekali para delegasi pra National University Debating Championship (NUDC) tingkat nasional tahun 2016.

Ajang yang sudah dimulai sejak tahun 2008 ini adalah salah satu usaha pembinaan mahasiswa yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, sebagai wadah berkembangnya potensi mahasiswa.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kelembagaan Kopertis VI, Agung Purwanto, SH menyatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan daya saing mahasiswa melalui debat ilmiah. Tujuan selanjutnya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa inggris lisan, berpikir kritis dan analitis, mengembangkan kemampuan menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, serta membekali mahasiswa dalam menghadapi NUDC tingkat nasional.

Pembekalan ini diikuti oleh delegasi dari peringkat 1-9 tim juara Debat Bahasa Inggris tingkat Wilayah VI Jawa Tengah. “Peserta berjumlah 27 orang, terdiri dari 9 orang adjudicator, dan 18 mahasiswa debater dari 9 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Tengah,” lanjut Agung.

Sekretaris Pelaksana Kopertis VI, Amsar, SH MM dalam pengarahannya berharap agar seluruh peserta mampu mengembangkan softskill yang dimilikinya. “Harapan kami, ketika menjadi juara nasional bisa mewakili Indonesia ke ajang internasional.”

“Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk menimba ilmu dan menambah pembekalan, sehingga ke depan dapat menimbulkan prestasi yang membanggakan,” pungkasnya menutup pengarahan.

Para delegasi Pra NUDC akan digembleng selama tiga hari oleh para narasumber yaitu Hendi Pratama, SPd MA, Drs. Ahmad Sofwan, PhD, haekal Muhammad, dan Rizki Akita.

COMMUNITY

Materi Pelatihan