Friday, April 03, 2020
   
TEXT_SIZE

Fakultas Teknologi Industri Unissula Kenalkan Kursi Roda Apung


Semarang-kopertis6.or.id - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula turut meramaikan Gelar Produk Industri Logam 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, di Atrium Java Mall Semarang (13-16/5).

Dalam pameran tersebut, FTI Unissula memamerkan berbagai produk hasil riset dosen dan mahasiswa di Laboratorium Manufaktur Teknik Industri. Salah satu produk unggulan yang dipamerkan adalah Kerapung RHP. Kerapung merupakan kursi roda apung yang dapat mengambang dan berjalan di atas air baik secara otomatis maupun manual dengan bantuan kincir air.

Kerapung digerakkan oleh dua motor listrik yang terletak di belakang sandaran dan bersumber dari baterai yang dapat di charge ulang. Selain itu terdapat alat kendali untuk mengatur arah, kecepatan, serta memiliki pelampung.

Menurut dosen pembimbing riset kerapung, Akhmad Syakhroni, ST., MEng., kerapung memang dirancang untuk daerah rawan banjir. Dengan adanya kerapung diharapkan membantu pengguna kursi roda agar dapat menyesuaikan diri, serta bergerak secara mandiri ketika kondisi banjir.

Selain Kerapung RPH, produk unggulan lain yang dipamerkan yaitu alat penyiram air pertanian bawang merah. Alat tersebut merupakan modifikasi dari mesin pompa penyedot air yang diubah menyesuaikan dengan kontur lahan pertanian bawang merah. Dengan adanya alat tersebut, proses penyiraman lahan pertanian menjadi lebih cepat dan efisien.

FTI juga memamerkan produk – produk lain yang juga merupakan hasil riset dosen dan mahasiswa, seperti dental chair portable, ayunan bayi otomatis, serta robot pemadam api yang berhasil menjadi juara satu kontes robot pemadam api di Amerika Serikat.

COMMUNITY

Materi Pelatihan