Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Prof. DYP Sampaikan Isu Terkini di Acara Wisuda STIE Semarang

Semarang-kopertis6.or.id – Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. DYP Sugiharto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bagian Umum, Hendradi Sulistiawan, SH pada acara Wisuda ke-20 STIE Semarang,  menyampaikan  isu-isu mengenai program Kemenristek Dikti, yakni SIVIL dan PIN.

“Bertepatan peringatan Hardiknas, 2 Mei 2016 yang lalu, Menristek-Dikti telah melakukan launching Program Sistem Verifikasi Ijasah Secara Elektronik (SIVIL) dan Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Tujuan dari program ini menurut Menristek-Dikti untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar memperoleh kemudahan dalam pengecekan keabsahan ijazah secara cepat, tepat dan akurat.” ucap Koordinator.

Prof. DYP menjelaskan, Sistem Verifikasi Ijazah online terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). “Terkait keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.”

Hal tersebut disampaikan di depan 305 wisudawan jenjang program S1 progdi Akuntasi dan Manajemen yang berlangsung di Hotel Patra Semarang, Sabtu, 7 Mei 2016.

Untuk PIN, lanjutnya, disediakan untuk mendapatkan kemudahan pendataan dan analisis statistik lulusan perguruan tinggi. “Sistem ini terintegrasi secara otomatis oleh Kemenristek-Dikti sesuai permohonan yang diajukan perguruan tinggi.”

Adapun isu berikutnya Koordinator menyampaikan terkait pemberlakuan kebijakan mengenai rasio dosen tetap dengan jumlah mahasiswa. “Kebijakan ini akan diberlakukan pada Juni 2016 mendatang. Saya menghimbau agar PTS di Jateng mulai sekarang melakukan pembenahan dan penertiban untuk menghindari adanya sanksi.” tegasnya.

Ketua STIE Semarang, Dr. St. Sunarto, MS pada kesempatan tersebut menyampaikan, menyandang gelar akademik sebagai Sarjana Ekonomi membawa konsekuensi berperilaku sebagai manusia terdidik dengan mengedepankan nilai-nilai konstruktif bagi kepentingan masyarakat.

“Semoga lulusan STIE Semarang dapat berperan aktif dan memberikan warna semangat kebersamaan menjadi aspek kehidupan dimana berada dalam memikul tanggungjawab atas aktivitas yang sedang maupun akan dijalani.” Harap Sunarto

COMMUNITY

Materi Pelatihan