Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

UNDARIS “KAMPUS PERCONTOHAN PEDULI LINGKUNGAN”

Ungaran-kopertis6.or.id Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (Undaris) bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) menyelenggarakan sosialisasi peduli lingkungan dengan BIOPORI dan mencanangkan UNDARIS sebagai perguruan tinggi percontohan peduli lingkungan di kabupaten Semarang, Selasa (15/3). Untuk lauching, awalnya dengan melakukan penanaman 5 lubang BIOPORI di area kampus oleh Kepala sub bidang (Kasubid) konservasi SDA dan keragaman hayati Kab Semarang, Marsodo, SH.

Dalam sambutannya Rektor UNDARIS, Dr Endang Kusuma Astuti SH M.Hum mengajak seluruh karyawan, dosen, dan para mahasiswa untuk menjaga lingkungan. Ungaran merupakan  salah satu sumber air di kab. Semarang, perlindungan dan penjagaan sumber daya air di Ungaran ini merupakan tanggungjawab semua elemen khususnya adalah perguruan tinggi UNDARIS.

Pernyataan tersebut disampaikan rektor pada saat penyelenggaraan Dies Natalis ke-34 UNDARIS yang berlangsung di kampus setempat, baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama Marsodo yang juga sebagai alumni UNDARIS menjelaskan, Lubang biopori berdiamer 10 sentimeter berkedalaman rata-rata setengah meter dengan pipa PVC untuk menahan bagian dinding tanahnya.

Pembuatan lubang biopori bertujuan untuk menjaga ketersediaan air di dalam tanah. Terlebih, selama ini Ungaran merupakan lumbung mata Air yang mengairi daerah daerah kab. Semarang dan sekitarnya.” ucap Marsodo.

Dia menegaskan, agar tidak terjadi kekeringan di Ungaran, sehingga perlu adanya lubang resapan air. “Air hujan yang turun ke bumi  hanya bisa dimanfaatkan 13%, lainya hilang menuju ke laut melalui daerah aliran sungai yang ada. Aliran air tersebut dapat mengakibatkan erosi dan banjir, sehingga di perlukan resapan (Biopori) agar Air dapat tersimpan dalam tanah dan dapat digunakan untuk menjaga tersedianya air dalam tanah tersebut.

COMMUNITY

Materi Pelatihan