Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Lulusan UMK Diharap Mampu Membuka Usaha Kreatif

Kudus-kopertis6.or.id – Menuntut ilmu merupakan salah satu kewajiban manusia dalam hidup. Ilmu yang baik, adalah ilmu yang bermanfaat bagi kepentingan umat.

Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Dr. Suparnyo mengutarakan hal itu dalam sambutannya pada upacara wisuda ke-56 untuk program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana di Auditorium Kampus setempat kemarin, Rabu (2/3/2016).

‘’Ilmu yang Saudara peroleh, hendaknya dapat dimanfaatkan oleh orang lain dan masyarakat luas. Ilmu pengetahuan yang disebarluaskan oleh seorang yang berpendidikan, akan terasa lebih bermanfaat bagi masyarakat. Maka, ilmu harus diamalkan,’’ tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut rektor, wisudawan hendaknya dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki secara bertanggung jawab, berkualitas, cerdas dan santun.

Dia berharap, wisudawan dapat bekerja mandiri dan membuka usaha-usaha kreatif dengan berbekal ilmu dan pengalaman yang telah didapat di bangku kuliah. ‘’Dengan modal keterampilan kewirausahaan semasa kuliah, Anda dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak menggantungkan lapangan kerja yang sangat terbatas saat ini,’’ katanya.

Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd., Kons. Pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada UMK dan para wisudawan yang telah merampungkan pendidikannya. ‘’Kami sampaikan apresiasi kepada pengelola UMK, yang, dalam catatan kami, telah menyelenggarakan Tri Dharma dengan baik dan sesuai regulasi,’’ terangnya.

Koordinator Kopertis Wilayah VI menjelaskan,  para wisudawan mesti berbangga karena ‘’dilahirkan’’ oleh UMK yang merupakan perguruan tinggi yang sehat.

‘’Ada tujuh indikator perguruan tinggi dikatakan sehat. Antara lain difasilitasi yayasan yang resmi terdaftar dan Kementerian Hukum dan HAM, memiliki sistem penjaminan mutu, serta Prodi dan institusinya terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). UMK bahkan tidak sekadar terakreditasi, tetapi mampu meraih akreditasi B darti BAN PT yang belum banyak didapat perguruan tinggi lain di Jawa Tengah,’’ menurutnya.

Wisudawan terbaik dari masing-masing Prodi dalam wisuda kali ini, yakni Puji Sumiyati (Prodi MM/ S2) dengan IPK 3,93, Prodi Manajemen Chuswatun Nisa’ (IPK: 3,66), dan Prodi Akuntansi terpilih sebagai wisudawan terbaik adalah Siti Aisyah (IPK: 3,41). Dari Fakultas Hukum, sebagai wisudawan terbaik yaitu Joko Sutrisno (IPK: 3,74), lalu dari FKIP, wisudawan terbaik Prodi Bimbingan dan Konseling adalah Ahmad Nurul Huda (IPK: 3,84), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Ahmad Arinal Haq (IPK:  3,75), sementara untuk Prodi PGSD, lulusan terbaik yaitu Khikma Khusnia (IPK: 3,89). Fakultas Pertanian, sebagai lulusan terbaik Prodi Agroteknologi yaitu Astutik (IPK: 3,49), sedang dari Fakultas Teknik, lulusan terbaik Prodi Teknik Informatika yaitu Rina Noviana (IPK : 3,87), wisudawan terbaik Prodi Sistem Informasi adalah Zanri Nova Chalimi (IPK : 3,86), sementara untuk Fakultas Psikologi, wisudawan terbaik Prodi Psikologi yaitu Uly Ikhwanus Shafa (IPK: 3,39).

COMMUNITY

Materi Pelatihan