Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Seminar Urecol Ajang Pemaparan Penelitian

Kudus-kopertis6.or.id - Stikes Muhammadiyah Kudus menjadi tuan rumah penyelenggara Seminar Penelitian University Research Colloquium (URECOL) yang berlangsung baru-baru ini. Kegiatan yang sudah berjalan untuk ketiga kalinya tersebut, diikuti peserta dari  Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah dan DIY. Selain itu, ada juga delegasi dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Menurut Ketua Stikes Muhammadiyah Kudus, Rusnoto, M.Kes (Epid), tujuan dari seminar ini yakni melakukan pemaparan hasil karya penelitian dari dosen dan mahasiswa. “Melalui kegiatan ini diharapkan adanya saran yang membangun, agar hasil penelitian tersebut lebih baik dan bisa berkompetisi di kancah internasional,”

Rusnoto mengatakan, kegiatan semacam ini dapat dijadikan ajang pertemuan bagi rekan sebidang guna menukar ilmu dan pengalaman,  meningkatkan kualitas dosen, instutisi dan mahasiswa, serta meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan cara membuat penelitian yang bermanfaat untuk umum.

Seminar penelitian dibedakan menjadi 6 bidang,  yaitu MIPA dan kesehatan dengan 69 artikel; humaniora pendidikan dan agama dengan 35 artikel; sosial ekonomi sosiologi dengan 30 artikel; teknologi dan rekayasa dengan 18 artikel; pengabdian dengan 6 artikel dan hasil tulisan mahasiswa (_student paper presentation_) dengan 13 artikel; sehingga jumlah artikel sebanyak 171 artikel, pemakalah 180 orang dan partisipan 200 orang.

Selain pemaparan penelitian, ada juga digelar pertemuan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) se-Jawa Tengah dan DIY. Pertemuan itu membahas mengenai masa depan lembaga riset.

COMMUNITY

Materi Pelatihan