Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

KKN PPM-UTP Gelar Festival Tradisional dan Ekspo

Karanganyar-kopertis6or.id - Mahasiswa KKN PPM Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta mengelar Festival Olahraga Tradisional dan Ekspo UMKM. Kegiatan tersebut merupakan  puncak kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 3 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, yakni kecamatan Jumapolo, Kecamatan Jumantono, dan Kecamatan Matesih, yang berlangsung baru-baru ini.

Kegiatan Festival olahraga tradisional diperuntukkan siswa-siswi Sekolah dasar,  agar anak-anak lebih mengenal dan mencitai olahraga tradisional asli Indonesia sejak dini. “Olah raga yang kita tandingkan di festival ini adalah gobak sodor, engrang, bakiak dll”, ujar Arifin, Mahasiswa Jurusan PKO UTP.

Saya berharap,  adanya kegiatan festival ini anak-anak makin menggemari olahraga tradisional. “Olah raga ini selain menyehatkan juga bisa mempererat persahabatan.” katanya

Prof. Ongko Cahyono, Rektor UTP dalam pesannya kepada mahasiswa dan anak-anak agar lebih menggemari olah raga tradisional, serta ikut nguri-nguri sebagai bentuk rasa cinta tanah air.

“Ke depan  sekolah-sekolah dasar permainan tradisional hendaknya diajarkan dalam pelajaran penjas. Untuk menunjang guru-guru olahraga yang faham dan menguasai olahraga tradisional, UTP melalui program studi Pendidikan Jasmani, kesehatan dan rekreasi siap mencetak guru tersebut.” harap rektor

Ir. Suswadi,M.Si selaku Ketua LPPM UTP Surakarta menjelaskan, bahwa UTP selalu mengevaluasi kegiatan KKN, terbukti dengan dilakukannya Monev (Monitoring dan Evaluasi ) yang dilaksanakan hari ini. Monev dilakukan agar tujuan dari KKN ini dapat tercapai dengan baik, sehingga bermanfaat bagi masyarakat di lokasi KKN.

Selain menggelar festival olahraga tradisional, mahasiswa KKN UTP juga menggelar ekspo umkm. Di ekspo tersebut banyak produk-produk potensi local yang dipamerkan. Mulai dari kerajinan tangan hingga produk inovasi  olahan makanan. Ada beberapa produk baru yang ditampilkan diantaranya, eskrim ketela, Tomakur(Tomat Rasa Kurma), selai ketela dodol jambu biji dll.

COMMUNITY

Materi Pelatihan