Friday, April 03, 2020
   
TEXT_SIZE

Indonesia Incaran Filipina Di Era MEA

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id - Rektor Unika Soegijapranata Semarang, Prof. Dr. Y. Budi Widianarko  baru-baru ini melepas sejumlah 251 wisudawan yang berasal  dari  jenjang program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana yang berlangsung di kampus setempat

Dalam pidatonya rektor menceriterakan tentang pengalamannya usai kepulangannya dari Filipina setelah melakukan kunjungan kebebarapa perguruan tinggi (PT) yang ada di sana. “Setiap tahun ribuan mahasiswa Filipina mengikuti program work and travel ke Amerika Serikat dan Eropa Barat sembari bekerja. Salah satu kelebihan SDM negara tersebut adalah penguasaan bahasa Inggris, karena menjadi bahasa pengantar sejak usia dini.”

Prof. Budi menjelaskan, di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016, terdapat dua hal yang layak diantisipasi dan disikapi segenap pemangku kepentingan dunia pendidikan tinggi di Indonesia.

“Pertama, Indonesia sebagai ekonomi terbesar di ASEAN tentu saja menjadi salah satu incaran talenta-talenta Filipina. Sebagai konsekwensi lulusan PT Indonesia harus siap bersaing dengan mereka. Kedua, dengan keberadaan PT yang melebihi 4000 buah, maka keragaman mutu lulusan tidak dapat dihindari. Tanpa keberanian untuk menata dan mengelompokkan PT kita menurut kriteria mutu, maka jangan harap kita tidak akan terjerumus dalam “kubangan” yang sama seperti Filipina.” tegasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan