Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Bertepatan Milad ke-55, Unissula Peringati Tahun Baru Islam

Semarang-kopertis6.or.id – Peringatan tahun baru Islam, Muharram 1437 H oleh Unissula Semarang, bertepatan dengan Milad ke—55. Sebagai perguruan tinggi (PT) Islam, momentum peringatan Milad ini menempatkan pada sebuah peluang sekaligus tantangan yang tidak ringan.

“Implementasi Tri Dharma PT harus diarahkan pada pencapaian out put yang berkualitas tinggi dan sekaligus Islami, berupa sarjana atau lulusan yang kompeten, memiliki kemampuan utuh antara keimanan dan ketaqwaan, kedalaman dan keluasan wawasan pengetahuan, penguasaan iptek dan profesionalisme, mandiri dan tanggungjawab sosial.”

Pernyataan ini disampaikan rektor Unissula H. Anis Malik Thoha Lc, MA, Ph.D saat menyampaikan pidatonya di depan tamu undangan maupun keluarga besar civitas akademika Unissula Semarang yang berlangsung di kampus setempat, Sabtu, 24 Oktorber 2015. Tampak hadir pada acara tersebut, Menristek Dikti, Prof. Mohamad Nasir dan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto.

Anis menambahkan, bahwasannya rekontruksi iptek berdasarkan nilai-nilai islam, artikel jurnal akademik nasional terakreditasi, atau artikel jurnal akademik internasional yang terindeks scopus/isi, monogrof, buku referensi/ajar, hak paten dan masyarakat yang berbudaya Islami. “Keprihatinan kita, kemajuan iptek di tangan Barat menghadirkan imperiaslisme, kemudian disusul dengan bentuk neoimperalisme secara terselubung.” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Anis, tujuan dari pendidikan dalam Islam membentuk manusia sempurna yang dalam terminologi Islam biasa disebut insan kamil. “Ilmuwan muslim harus memiliki pondasi studi Islam yang baik dan memadai, di samping harus menguasai disiplin keilmuan tertentu.” tandasnya.

Rektor memaparkan, dalam konteks menyejajarkan diri dengan universitas terkemuka di dunia, maka segenap sistem nilai menjadi kunci untuk mencapai tingkatan Unissula sebagai universitas Islam bertaraf internasional harus dikembangkan secara sungguh-sungguh dan sepenuh hati. “Baik itu dari segi instrument legal-formal hingga terbentuknya budaya berkualitas global dari setiap komponen di dalam institusi.” tegas Anis.

Pada kesempatan tersebut, rektor juga menyampaikan kemajuan yang berhasil diraih Unissula, baik yang terkait dengan penelitian dan publikasi ilmiah dosen hingga prestasi mahasiswa.

COMMUNITY

Materi Pelatihan