Saturday, October 23, 2021
   
TEXT_SIZE

UMM Gelar Workshop

Magelang – Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) menyelenggarakan Workshop bertemakan “Penyusunan Satuan Acara Pembelajaran (SAP), Modul dan Buku Ajar”. 

Nara sumber terdiri dari Prof. Dr. FX. Adji Samekto dengan materi Penyusunan Buku Ajar, Prof. Ocky Karna Radjasa dengan materi Penyusunan Modul, Prof. Dr. Suteki dengan materi Penyusunan SAP.

            Acara  berlangsung di Soropandan Magelang, diikuti 55 dosen, terdiri dari 46 dosen yang telah tersertifikasi, serta sembilan dosen yang baru diusulkan mengikuti sertifikasi tahun 2012, baru-baru ini.

            Dalam kesempatan tersebut Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Dr. Purwati MS mengatakan, melalui worshop ini  dosen yang bersertifikasi mampu menyusun dan membuat SAP, buku ajar dan modul.

            Dia menegaskan, hal yang perlu diperhatikan saat penyusunan SAP, modul dan buku ajar, adalah jelas dan mudah untuk diimplementasikan dalam perkuliahan. Pada sisi lain, dosen juga harus dapat membedakan antara SAP, buku ajar maupun buku teks.

            Sebelumnya, peserta workshop juga telah mengikuti Sosialisasi Evaluasi Kinerja Dosen berupa penjelasan teknis tata cara pengisian evaluasi kinerja dosen secara on line sebagai database Ditjen Dikti Kemendikbud. Hal tersebut merupakan bagian dari proses evaluasi dan verifikasi data kinerja dosen yang telah menerima tunjangan profesi pendidik dan tunjangan kehormatan.

            Melalui workshop dimaksudkan agar dosen yang bersertifikasi dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara professional dan meningkat kinerjanya. Selain itu, dosen yang belum tersertifikasi dapat terpacu untuk lebih giat lagi menjalankan Catur Dharma Perguruan Tinggi

COMMUNITY

Materi Pelatihan