Thursday, September 21, 2017
   
TEXT_SIZE

Kejuaraan Debat Bahasa Inggris Tingkat Perguruaan Tinggi

Prof. Intan Ahmad memukul gong sebagai tanda dibukanya NUDC 2017

Semarang – kopertis6.or.id - Sebanyak 336 orang peserta dari 112 Perguruan Tingi di Indonesia akan mengikuti kejuaran debat bahasa inggris atau disebut juga National University Debating Championship (NUDC) yang telah diselenggarkan kali ke 10 (sepuluh) oleh pemerintah melalui Kemristekdikti. Kejuaraan debat ini akan berlangsung selama 6 (enam) hari mulai tanggal 3 sampai dengan 8 September bertempat di Universitas PGRI Semarang.

Kompetisi bergensi debat bahasa inggris tinggkat perguruaan tinggi ini akan memperebutkan gelar juara pertama nasional (Champion) dan dan tiga runnerup di dua kategori yaitu maindraw dan novice. Tim yang berhasil mendapatkan juara akan mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan dan nantinya akan menjadi delegasi Indonesia untuk mengikuti kejuaraan Internasional (WUDC) di Meksiko pada akhir Desember.

Pada Pembukaan NUDC Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad, menyampaikan kepada peserta yang paling penting adalah aktifitas mahasiswa mempersiapkan kegiatan ini, meyakinkan dosen, mengatur waktu dan berkompetisi dengan baik. "Ability to communicate effectively menjadi kunci penting sekali di era global saat ini" tegas Intan.

Intan Ahmad berpesan "dalam debat dilatih berpikir kritis, mendengar dan menerima perbedaan pendapat, bagaimana berargumentasi dan menyampaikan ide-ide. Jadilah pembelajar sepanjang hayat, tidak sampai hanya lulus di bidang akademik saja. Pendidikan adalah public goods, karena pendidikan yang baik tidak saja hanya untuk untuk individu, tetapi mengerti masalah org lain dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu"

Pada akhir sambutannya Intan Ahmad menambahkan be a good citizen, make Indonesia proud!

COMMUNITY