Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Ekonomi Jateng Tumbuh 5,4 Persen di Tahun 2014

Semarang-kopertis6.or.id -  Perekonomian Jateng tahun 2014 tumbuh sebesar 5,4 persen, terjadi pada seluruh lapangan usaha kecuali pertanian, kehutanan dan perikanan yang terjadi kontraksi (pertumbuhan negatif) sebesar 2,9 persen.

Pada aspek lain, informasi dan komunikasi merupakan lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 13,0 persen, diikuti jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 11,2 persen, jasa pendidikan sebesar 10,2.

Demikian rilies resmi yang disampaikan Badan Pusat Statistik Propinsi Jateng yang beralamatkan di jalan Pahlawan, Semarang.

Masih berdasarkan rilies tersebut, struktur perekonomian Jateng menurut lapangan usaha tahun 2014 didominasi oleh tiga lapangan usaha utama, yakni Industri Pengolahan (36,3 persen), Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (14,8 persen) dan Perdagangan Besar Eceran dan Reparasi Mobil-Sepeda motor (13,4). Sedangkan mengenai indeks kebahagiaan Jateng tahun 2014 sebesar 67,81 pada skala 0 – 100. Indeks kebahagiaan merupakan rata-rata dari angka indeks yang dimiliki setiap individu di Jateng tahun 2014. Semakin tinggi nilai indeks, menunjukkan tingkat kehidupan semakin bahagia.

Indek kebahagiaan merupakan indeks komposif yang disusun oleh tingkat kepuasan terhadap sepuluh aspek kehidupan yang esensial, yakni meliputi kepuasaan terhadap kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan dan kondisi keamanan.

COMMUNITY

Materi Pelatihan