Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Maba Stikes PKU Dibekali Soft Skill

Solo-kopertis6.or.id - STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta menargetkan mahasiswanya berattitude. Attitude yang dimaksud adalah apresiatif, teamwork, thought, integrity, time management, usefullness dan endless learning.

“Nilai–nilai dalam attitude itu harus diterapkan oleh semua mahasiswa di Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta” ungkap Pembantu Ketua III, Sugihartiningsih A.  M. Kes.

Dengan alasan tersebut,  beberapa waktu yang  lalu mahasiswa baru (maba) Stikes PKU Muh Surakarta mengikuti pembekalan softskills. Sebelumnya, selama satu minggu diberikan materi membangun karakter dan  diskusi.

Di Stikes PKU, lanjut Ketua III,   pembelajaran di kelas yang aktif adalah 100 persen mahasiswa, dosen hanya jadi fasilitator. Dengan kegiatan ini pula mahasiswa menjadi terbiasa saat presentasi di depan banyak orang.

Dia berharap, mahasiswa tidak malu jika harus berbicara di depan umum, karena mereka sudah dilatih sejak menjadi maba.

Program pendidikan karakter melalui Attitude ini sudah dilaksanakan dari tahun ketahun semenjak 5 tahun yang lalu. Nilai-nilai tersebut tidak hanya wajib dimiliki mahasiswa saja, tapi juga dosen dan karyawan. Dalam pembelajaran, Attitude ini include kedalam satuan acara perkuliahan (SAP).

“Kita sadari softkills hanya bisa ditularkan bukan diajarkan, tiap hari mahasiswa dipupuk oleh dosennya,” pungkas Sugihartiningsih.

Salah satu maba, Firdian Ahmad mengaku sangat antusias megikuti pembekalan softskills ini. Meski awalnya sempat merasa malas karena harus berangkat pagi ke kampus, namun lambat laun Ia sangat menikmati. Sementara itu, ketua ospek dari mahasiswa prodi DIII Keperawatan, Erwin  menuturkan,  kampus memberikan kepercayaan pengembangan softskills kepada panitia dari mahasiswa. Konsepnya sangat berbeda dengan ospek di kampus yang lain.

COMMUNITY

Materi Pelatihan