Friday, May 24, 2019
   
TEXT_SIZE

Universitas Nasional Karangturi Adakan Pelatihan Menulis Artikel

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id - Universitas Nasional Karangturi ( UNKARTUR ) Semarang bekerjasama dengan tim redaktur Tribun Jateng menyelenggarakan pelatihan menulis artikel populer pada hari Kamis (21/2) yang lalu. Pelatihan yang dilaksanakan di gedung kampus UNKARTUR ini digelar bagi seluruh dosen UNKARTUR untuk meningkatkan kemampuan menulis yang dibutuhkan, khususnya di media massa. Pelatihan menulis artikel populer ini juga bertujuan untuk meningkatkan tri dharma perguruan tinggi baik itu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat lewat sebuah tulisan.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I UNKARTUR dr. Soejoto menyampaikan bahwa pelatihan penulisan artikel ini sangat bermanfaat bagi para dosen. Soejoto menuturkan bahwa tugas dosen saat ini bukan hanya memberi edukasi kepada mahasiswa tetapi juga bagi masyarakat umum. “Salah satu caranya adalah dengan menulis artikel di media massa ataupun online”, ungkapnya.

Rustam Aji, narasumber dari Tribun Jateng mengatakan  “Ketika menulis artikel, opini, esai, ataupun berita harus ada masalah dan solusi yang diberikan”. Menurutnya dalam proses menulis ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya isu-isu aktual, penting, menarik, dan bermanfaat bagi masyarakat, serta didukung dengan data dan fakta yang akurat.

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para dosen mendapatkan wawasan dan tips tentang cara menulis esai di rubrik opini dengan baik dan benar sebagai bentuk tanggung jawab moral dosen dalam mengedukasi masyarakat sesuai bidang keilmuan masing-masing.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan