Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Peringkat IPT Stie Bank BPD Jateng Digadang Meningkat Pada Tataran Unggul

 

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id – Pengelolaan perguruan tinggi STIE Bank BPD Jateng diapresiasi oleh LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, karena selama ini dikelola secara baik, profesional dan berkualitas. Indikator ini dapat dicermati dari raihan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) peringkat B, begitu pula untuk  keseluruhan  progdi yang diselenggarakan.

“Saat ini STIE Bank BPD Jateng telah menyelenggarakan tiga progdi, yakni Magister Manajemen, Manajemen S1 dan Akuntansi S1. Dari ketiga progdi tersebut kesemuanya telah terakreditasi B (Amat Baik). Begitu pula untuk APT juga telah melekat peringkat B, sehingga raihan ini perlu kami apresiasi. ”

Hal ini diungkapkan Kepala LLDIKTI VI Jateng dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Amsar, SH, MM saat menghadiri acara wisuda Sarjana ke-35 dan Pasca Sarjana ke-26 di Patra Hotel hari ini, Selasa 26 Maret 2019.

Menurutnya, khusus terkait APT perlu diupayakan dalam waktu tidak terlalu lama meningkat keperingkat tertinggi yakni A (terakreditasi unggul), dengan harapan STIE Bank BPD Jateng mampu menjadi pionier di Jawa Tengah, sebagai lembaga PT berbentuk sekolah tinggi untuk yang pertama kalinya meraih APT A (unggul).  

“Ini kami sampaikan mengingat dari  keseluruhan jumlah PTS yang ada di Jateng yang sudah berhasil meraih APT unggul baru ada 4 (empat), itupun kesemuanya berbentuk universitas. Untuk itu, melakukan berbagai peningkatan dan pembenahan disegala aspek, adalah sesuatu yang harus dipenuhi.” tegasnya

Dikatakan, aspek yang perlu dilakukan dalam bentuk penguatan sumber daya manusia dalam hal ini dosen melalui studi lanjut pada tataran Doktoral, begitu pula terkait dengan peningkatan karier dosen pada raihan Jabatan Fungsional Akademik (JAFA) pada tataran Profesor. 

“Dari 32 orang dosen tetap di Stie Bank BPD Jateng, terdapat 4 dosen yang sudah memiliki JAFA Lektor Kepala. Tentu ini adalah asset potensial menjadi Profesor. Begitu pula untuk dosennya yang sudah berlatar belakang Doktor sebanyak 7 orang.  Jumlah ini tentunya perlu terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.” katanya

Ia menambahkan, penguatan dosen dalam JAFA maupun latar belakang pendidikan pada program Doktoral banyak membawa manfaat dan sangat penting untuk dilakukan, karena dengan upaya ini dapat mendongkrak peningkatan status akreditasi, peningkatan kualitas lulusan, peningkatan karya ilmiah terpublikasi pada journal internasional, penambahan progdi pasca sarjana, hingga sampai dengan perubahan bentuk lembaga jika sekiranya STIE Bank BPD Jateng berkeinginan menjadi universitas.

Sementara itu, Ketua STIE Bank BPD Jateng  Dr. Siti Puryandani, SE.M.Si menjelaskan bahwa jumlah lulusan Program Magister Manajemen, Akuntasi dan Manajemen Program S1 sejumlah 174 wisudawan. Berdasarkan hasil pelacakan alumni mayoritas bekerja di industri perbankan, sisanya bekerja diberbagai industri yang lain seperti BUMN dan wirausaha.

“Tingkatkan rasa syukur,  karena saat ini bukan merupakan saat akhir perjuangan, tetapi merupakan perjuangan di babak kehidupan yang baru.” pesannya kepada wisudawan.   

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan