Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Optimalkan Potensi Laut, Akpelni Gelar Seminar

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id – Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (AKPELNI) bekerjasama dengan Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) Komisariat Daerah Jateng, serta didukung oleh Jateng Institute dan IKABA Leadership and Motivation Training Centre menyelenggarakan seminar Maritim. Acara yang berlangsung di gedung A Kopertis VI, Sabtu 24 Februari 2018 tersebut, diikuti tidak kurang dari 200 peserta dari unsur mahasiswa perguruan tinggi di Semarang, dosen, pegawai pemerintah, serta dari unit usaha kecil dan menengah binaan APMI.

Menurut rilies yang dikirim oleh humas Akpelni, Eko Nur Hidayat, untuk tema seminar adalah “My Fish Mi Life”  - Ketahanan Pangan dari Laut : Sea Power Perspective, diangkat dari buku karya Kolonel Laut (P) Salim yang juga menjadi salah satu pembicara dalam seminar ini. Narasumber lain, yakni Dr. Suradi Wijaya Saputra Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNDIP yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jateng, dengan materi yang terkait sudut pandang perikanan tangkap. Selain itu, Ridwan selaku Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) DPC Semarang yang juga Ketua Progdi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan AKPELNI, menyampaikan materi dari sudut pandang praktisi industri pelayaran.

Dengan kombinasi pembicara dari berbagai unsur seperti TNI AL, akademisi, praktisi industri perikanan tangkap dan pelayaran, maka seminar tersebut layak disebut sebagai forum diskusi ilmiah yang lengkap dalam membahas kemaritiman Indonesia.

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Direktur Akpelni Capt. Achmad Sulistyo tersebut, diharapkan dapat membuka wawasan bagi generasi muda dalam mengoptimalkan potensi laut demi kesejahteraan bangsa, serta tercapainya visi Indonesia sebagai negara maritim yang maju dan mandiri. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan