Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Udinus Perlu Bidik Masuk Peringkat Seratus Besar PT Nasional


Semarang-kopertis6.or.id – Keberhasilan Udinus meraih akreditasi Institusi A belum lama ini, merupakan prestasi yang sangat membanggakan.

“Diusianya yang masih relatif muda, Udinus dapat diibaratkan seperti anak panah yang melaju kencang dalam  mencapai sasaran. Prof. Edi Nursasongko sebagai lokomotif di Udinus juga  seakan tak pernah merasa lelah dalam “berlari” menggapai mimpi.”

Hal ini disampaikan Sekretaris Pelaksana (Sespel) Kopertis VI, Amsar, SH, MM dalam pidatonya saat menghadiri acara Wisuda Magister (S2), Sarjana (S1) dan Ahli Madya (DIII) Udinus ke-60 yang berlangsung di Grand Rama Convention Hall Patra Hotel Semarang.   

Menurut Amsar,  jerih payah yang sekian lama ini diupayakan Udinus hasilnya dapat kita lihat saat ini. “Kini Udinus telah menjelma menjadi PTS besar diantara 255 jumlah PTS yang ada di Jateng. Keberhasilan ini tentu membutuhkan proses panjang, karena kita tahu bahwa cikal bakal berdirinya Udinus diawali   dari lembaga khursus.” katanya 

Ia menjelaskan, raihan akreditasi Institusi A oleh Udinus belum diikuti keberhasilan meraih peringkat seratus besar perguruan tinggi  (PT) terbaik tingkat nasional. Untuk itu,  di waktu mendatang diharapkan Udinus ada upaya membidik kearah tersebut.

“Dengan kondisi yang ada saat ini Kopertis VI optimis diwaktu mendatang Udinus mampu berada di klaster terhormat, mengingat dari delapan PTS yang masuk seratus besar klasterisasi perguruan tinggi sebagian besar justru berasal dari PTS yang belum terakreditasi A.” tegasnya 

Sespel menegaskan, yang perlu dilakukan Udinus yaitu memahami benar terhadap subtansi dari keempat konten penilaian dari 4 (empat) komponen utama, meliputi Kualitas SDM, Kualitas Kelembagaan, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, serta Kualiatas Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

“Klasterisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam pelaksanaan tridharma, termasuk di dalamnya kesehatan organisasi. Melalui klasterisasi tersebut Kemenristekdikti dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.” paparnya 

Peserta Wisuda kali ini sebanyak 713 mahasiswa. Adapun wisudawan terbaik sebanyak 13 lulusan, diantaranya Adhi Krisna Dermawan dari progdi   Teknik Teknik Informatika jenjang Magister (IPK 3.89) ; Kamal Aziz Adinata dari Progdi Teknik Informatika jenjang S1 (IPK 3.81),   Amanda Sapriliani dari progdi Kesehatan Masyarakat jenjang S1 (3,9).   

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan