Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Perbaiki Manajemen Pendidikan Islam, UM Magelang Buka Program S2 MPI



Magelang-kopertis6.or.id - Perguruan tinggi hendaknya bisa menjawab berbagai  masalah yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, seperti halnya kebutuhan pengawas pendidikan Islam di sekolah. Sebagai negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki populasi 13% jumlah penduduk Muslim di dunia dengan 85% jumlah penduduknya beragama Islam.

Walalupun memiliki populasi penduduk beragama Islam terbesar, namun SDM di bidang manajemen pendidikan Islam masih terbatas. Dalam hal tersebut, kompetensi utama terdapat pada  bidang pengawasan yang  semestinya mendapatkan porsi 70% dari kurikulum yang dimiliki.  UM Magelang sebagai perguruan tinggi yang membuka Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) diharapkan mampu menghasilkan lulusan profesional yang mampu memunculkan inovasi.  

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. H. Nifasri M.Nir,M.Pd yang hadir  mewakili Direktur PAIS Dirjen Kementerian Agama RI saat menjadi keynote speech dalam acara Seminar Nasional dan Launching Program S2 Manajemen Pendididikan Islam (MPI) di  Aula Fikes Kampus 2 UM Magelang Sabtu, 10/9.

Dekan FAI  Dr. Nurodin Usman, Lc, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Rektor  dan pihak yang telah membantu berdirinya Program S2 MPI yang merupakan prodi  pasca sarjana pertama di UM Magelang.  Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo MT yang membuka acara seminar nasional sekaligus melaunching pembukaan Program S2 MPI mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan milad ke-52 UM Magelang sekaligus milad ke-107 Muhammadiyah. Adapun Program S2 MPI yang dipimpin oleh Dr. Imam Mawardi  M.Ag itu diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas baik dari segi kompetensi maupun kualifikasi.

Dalam seminar nasional yang dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari guru PAI, Kepala Sekolah, pengawas sekolah serta mahasiswa se-Kedu itu, UM Magelang menghadirkan  dua pembicara yakni Dr. H. Saefudin M.Ag (Kakanwil Kemenag Jawa Tengah) dan Prof. Dr. Sutrisno M.Ag  (Majelis Pendidikan PP Muhammadiyah & Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Melalui seminar bertema Optimalisasi  Manajemen Pendidikan Islam melalui Peningkatan SDM Berkualitas itu diharapkan dapat  meningkatkan kualitas keilmuan MPI dan mengasilkan alumni yang kompeten.

COMMUNITY

Materi Pelatihan