Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

ON MIPA-PT, Peningkat Kualitas Mahasiswa

Semarang-kopertis6.or.id - Dengan dibukanya keran Asean Economic Community (MEA), maka persaingan antar negara semakin ketat dalam penguasaan Iptek yang mampu bertahan dalam kompetisi. Untuk memenuhi standar saing sumber daya manusia yang unggul, salah satu bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakatnya adalah ilmu-ilmu dasar dan Matematika.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) sebagai salah satu wujud mempersiapkan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika, yang bermuara kepada peningkatan kualitas mahasiswa untuk mendorong daya saing bangsa.

Penyelenggaraan seleksi tingkat wilayah ON MIPA-PT dilaksanakan secara serentak di 14 wilayah pada tanggal 5-6 April 2016, dimulai pukul 09.00 waktu setempat. Khusus untuk wilayah Jawa Tengah, seleksi dilaksanakan di Kampus Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dengan diikuti 311 peserta dari 5 PTN dan 14 PTS yang akan bersaing dalam empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Dalam tahap seleksi wilayah ini, tiap PT mengirimkan 7 mahasiswa terbaik dari masing-masing bidang, dan akan diseleksi hingga menghasilkan 64 mahasiswa terbaik. Pada tahap III, tingkat nasional akan menghasilkan 25 mahasiswa terbaik.

Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi, SH, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan menjadi tempat pelaksanaan seleksi wilayah ON MIPA-PT untuk yang kesekian kalinya. Menanggapi jumlah peserta, Muhdi menyatakan bahwa jumlah peserta sebenarnya masih kurang apabila dibandingkan dengan jumlah PTN dan PTS di Jawa Tengah. “Dari 250 lebih jumlah PT di Jawa Tengah, yang lolos untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah di Jawa Tengah nampaknya belum begitu banyak, sehingga pada tahun ini baru bisa 311 peserta, walaupun lebih baik dari tahun yang lalu.” lanjutnya.

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VI, Sri Sujanti menyampaikan harapan yang besar terhadap peserta seleksi wilayah ON MIPA-PT tahun ini. “Harapan dari Kopertis, harus ada perwakilan yang lolos di tingkat nasional yang jumlahnya lebih banyak daripada tahun kemarin sehingga bisa menjadi pemacu semangat belajar bagi peserta lain yang belum lolos dan pada akhirnya dari tahun ke tahun akan meningkat serta dapat menjawab keprihatinan pemerintah dalam bidang MIPA.” tambahnya. Pada akhir sambutannya, seluruh peserta diajak untuk lebih mencintai MIPA dan NKRI.

COMMUNITY

Materi Pelatihan