Saturday, April 20, 2024
   
TEXT_SIZE

LOMBA ROBOT DINUSFEST JADI AJANG ADU STRATEGI


Semarang-kopertis6.or.id – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mengadakan Dinusfest 2016 tanggal 21-24 Maret 2016, dengan tema yang diambil adalah Explore Your Passion. Festival tahunan ini mengadakan beberapa lomba untuk tingkat pelajar dan mahasiswa, expo kewirausahaan, dan seminar.

Salah satu yang menarik perhatian adalah lomba line robot yang diikuti oleh siswa dari berbagai SMA se-derajat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam 24 tim turut serta dalam lomba robot dengan teknologi paling sederhana ini.

Sistem perlombaan adalah battle dengan adu kecepatan, untuk itu peserta dipaksa untuk dapat menerapkan strategi yang tepat agar robot mereka dapat menyelesaikan lomba dengan mengikuti trek yang sudah disediakan panitia. Interfensi cahaya dari luar lapangan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan peserta agar robotnya dapat tetap berjalan sesuai trek dan menyentuh garis finish.

Taufan Timur Adi Riksa salah seorang anggota tim dari STEMBAKA XI usai bertanding menyampaikan pendapatnya ihwal lomba robot ini. Ia sangat mengapresiasi penyelenggaraan lomba robot ini. Selain dapat menambah ilmu, Taufan juga dapat mengasah mental bertandingnya ketika harus berhadapan dengan lawan dari sekolah lain.  “Manfaatnya jadi tambah ilmu, mental jadi terasah karena lawan dari sekolah lain”, tuturnya.

Sebagai juara dari perlombaan ini adalah Tim Junior Panzer dari SMK Negeri 3 Yogyakarta, juara 2 dan 3 berturut-turut adalah Tim Stembameka 12  dan Tim Mach 69, keduanya dari SMK Negeri 7 Semarang, sedangkan  juara favorit direbut oleh Tim Pionir dari SMK Negeri 2 Pati.

COMMUNITY

Materi Pelatihan