Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

PHB Tegal Gelar Pelatihan Linux OS dan Software Open Source


Tegal-kopertis6.or.id - Tim Dosen Prodi D4 Teknik  Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal bekerjasama dengan 6 mahasiswanya memberikan kegiatan Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source di SMK Bina Nusa Slawi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 9 Januari tersebut  diikuti 60 Siswa SMK Bina Nusa Slawi, dari jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan Multimedia.

Kepala SMK Bina Nusa Slawi, Sunaryo, S.Pd., M.Kom mengatakan, dirinya merasa senang kedatangan tim dari Prodi D4 Teknik Informatika PHB Tegal yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada siswanya mengenai Linux OS dan Software Open Source.

Erik Firmansah,  guru jurusan TKJ memaparkan, sekolahnya telah memiliki infrastruktur ICT yang cukup memadahi. Namun, masih sangat memerlukan dukungan dan bimbingan dari semua pihak, terlebih mengenai pemanfaatan software-software open source seperti ini, sehingga nantinya bisa kami terapkan di sekolah.

Ka.Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menjelaskan, Linux OS dan software open source merupakan sebuah solusi terhadap permasalahan penggunaan sistem operasi dan software-software yang berlisensi. Secara bertahap kami dari Prodi D IV Teknik Informatika akan menyebarkan virus-virus positif tentang penggunaan Linux OS dan Software-software open source di dunia pendidikan, pemerintahan dan swasta.” ungkapnya.

Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut, diantaranya  Pengenalan Linux OS, Cara penginstalan Linux OS dan Pengenalan  Software-software Open Source.  Semua materi disampaikan mahasiswa yang di back-up oleh beberapa dosen dari Prodi D IV Teknik Informatika, diantaranya : Dega Surono Wibowo, S.T., M.Kom, T. Bayu Sasongko, M.Eng, Dairoh, M.Sc dan Ahmad Sutanto, S.Kom. 

Terpisah, Direktur PHB Tegal,  Mc. Chambali, B.Eng. M.Kom mengapresiasi Tim Prodi D4 Teknik Informatika. Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source yang dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa D4 Teknik Informatika, merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kolaborasi serupa  agar juga di terapkan pada dharma yang lain, yakni penelitian.” harap Chambali.

COMMUNITY

Materi Pelatihan