Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Kuliah Pakar Bersama Guru Besar Khon Kaen University

Solo-kopertis6.or.id - Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta baru-baru ini mengadakan Kuliah pakar dengan mendatangkan guru besar Dr. Wongsa Laohasiriwong dari Khon Kaen University of Thailand, bertemakan  tema “ Implementation Of Health Promotion In The Health Service System”. 

Pada kesempatan tersebut Dr Wongsa Laohasiriwong memberi gambaran secara umum kepada semua mahasiswa, baik dari Prodi DIII Keperawatan, DIII Kebidanan dan S1 Ilmu Gizi untuk dapat memaksimalkan kemampuan secara menyeluruh baik softskill maupun kemampuan dasar.

Disampaikan pula,  promosi kesehatan merupakan proses memberdayakan dan memandirikan masyarakat untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatannya melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan, serta pengembangan lingkungan yang sehat.

“Promosi kesehatan mencakup aspek perilaku, yakni upaya untuk memotivasi, mendorong dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki masyarakat agar mereka mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya.” papar Wongsa.

Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti S. Kep. M. Kes menyampaikan, kuliah pakar ini diikuti  mahasiswa  dari semua prodi sebagai salah satu bagian dari kerja sama antara Stikes Muhammadiyah Surakarta dengan Khon Kaen University of Thailand, khususnya Faculty of Public Health.

“Rencananya kegiatan seperti ini akan kami selenggarakan secara continue, tidak hanya mendatangkan pakar dari Khon kaen university, tapi  juga akan mengirimkan dosen studi banding kesana. Disamping itu,  sebagai persiapan student exchange untuk mahasiswa S1 Ilmu gizi dan DIII Keperawatan akan mengirimkan 20 hingga 30 mahasiswa ke Khon Kaen University,  insyaallah bulan agustus 2015.” Kata Weni.

Minimal dengan kuliah umum ini, lanjut Weni,  dapat membuka wacana mahasiswa, bahwa di era BPJS yang menekankan upaya promotif dengan mengoptimalkan sumber daya kesehatan.

“Apabila selama ini mahasiswa hanya meraih materi dari dosen internal, dengan kita mendatangkan expert langsung  dapat menambah kompetensi mahasiswa,” harapnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan