Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Antisipasi MEA, UNPAND Terapkan Konsep IEBS

Semarang-kopertis6.or.id – Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang tidak lama  lagi diberlakukan, menjadikan Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang merasa terpanggil untuk menggerakkan kesadaran dan potensi masyarakat melalui peningkatan daya saing ekonomi berupa konsep Intergrated Edu Business Services (IEBS).

“IEBS merupakan pemberdayaan layanan Unpand  kepada masyarakat luas yang berbasis progdi untuk meningkatkan kinerja institusi, dunia usaha dan sumber daya manusia agar memiliki daya saing.”

Hal tersebut disampaikan rektor Unpand, Djoko Saryono, M.Sc dalam pidatonya di acara Wisuda ke-15 lembaganya pagi tadi (25/2) di Hotel Patra.

Program IEBS menurut rektor, merupakan bagian implementasi dari pengembagan konsep Tridharma Perguruan Tinggi,  khususnya dalam menjawab kebutuhan praktis bisnis yang berkembang di masyarakat.

“Unpand menterjemahkan peran dan fungsi perguruan tinggi secara lebih konkrit dan riel dalam ikut mengantisipasi dan menghadapi MEA maupun Liberalisasi Ekonomi Dunia melalui layanan akademis, seperti pendidikan dan pelatihan, riset, seminar, konsultasi dan layanan bisnis praktis berbasis ipteks.” papar Djoko.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Pelaksana, Sri Sujanti menyatakan, perguruan tinggi diberikan kebebasan berakselerasi maupun berinteraksi oleh pemerintah melalui otonomi. Meskipun demikian, keberadaan sebuah lembaga perguruan tinggi tidak bisa semaunya sendiri dalam bersikap dan bertindak, karena ada regulasi yang harus dipenuhi.

“Regulasi yang selama ini kita kenal dan harus dipenuhi penyelenggara PT, antara lain yang terkait dengan pelaporan PD-DIKTI, berlakukanya akreditasi progdi, kualifikasi dosen, penerapan KKNI dan SNPT, maupun rasion dosen dan mahasiswa.” kata Koordinator.

Unpand kali ini mewisuda sebanyak 256 orang lulusan, terdiri dari 100 orang lulusan progdi Manajemen (S1),  65 orang lulusan progdi Akuntansi (S1), 5 orang lulusan progdi Arsitektur (S1). Untuk program Diploma, 5 orang lulusan progdi Teknik Mekanik, 11 orang lulusan progdi Teknik Sipil, 10 orang lulusan progdi Teknik Elektro, 14 orang lulusan progdi Administrasi Bisnis, 5 orang lulusan progdi Hubungan Masyarakat.

COMMUNITY

Materi Pelatihan