Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

STIKOM Selenggarakan Workshop Jurnalistik Mahasiswa

Semarang-kopertis6.or.id - Lembaga Pers Mahasiswa ( LPM ) Benteng Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi ( Stikom) Semarang, baru-baru ini mengadakan  Workshop  Jurnalistik  Mahasiswa.

Kegiatan  yang berlangsung di kampus Stikom Semarang ,  Jl Wolter  Monginsidi 119 Semarang ini, diikuti  25  calon reporter Benteng Kampus ( BK ). Ketua  panitia  Workshop  Jurnalistik  Mahasiswa,  Iwan  Arifianto  mengatakan,  kegiatan  ini bertujuan untuk melakukan rekrutmen pengelola  tabloid mahasiswa Benteng Kampus yang dikelola LPM Stikom.

“Melalui workshop ini kami berharap akan muncul  kader aktifis pers kampus yang akan melanjutkan kelangsungan penerbitan BK di masa mendatang “ kata Iwan saat upacara pembukaan workshop.

Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini, Ketua Stikom Semarang, Drs.H.  Gunawan Witjaksana M.Si dengan materi  Teknik menulis di media massa,  Drs. Hartono, Korlip Harian Suara Merdeka dengan materi Teknik Menulis Berita dan Features,  Drs Syamsul Huda ,M.Si , dosen Stikom Semarang dengan materi  Teknik Wawancara.

Korlip  Suara  Merdeka,  Hartono  dalam  paparannya  mengatakan,   aktifis  pers  kampus hendaknya sejak dini menyiapkan diri menjadi penulis dan wartawan yang berkualitas. Untuk menuju ke arah  sana, para aktifis pers kampus hendaknya giat berlatih menulis.

“ Agar menjadi penulis yang berwawasan luas,  aktifis pers kampus harus rajin membaca dan selalu berupaya memahami fenomena perubahan yang terjadi di masyarakat” ungkap Hartono.

Selain itu, lanjut Dia,  aktifis pers kampus  juga harus selalu berupaya menguasai teori-teori jurnalisme yang diajarkan selama belajar di bangku kuliah.

“Padukan antara teori-teori yang didapat selama belajar di bangku kuliah dengan pengalaman-pengalaman yang didapat di lapangan saat berproses menjadi aktifis pers kampus, seperti BK di sini “ pungkas Hartono.

COMMUNITY

Materi Pelatihan