Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Gombong ikuti Student Exchange

Gombong-kopertis6.or.id – Sejumlah  12 mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan dan Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong, Kebumen mengikuti student exchange di Faculty of Nursing (FoN), Khon Kaen University (KKU) Thailand.

Program pertukaran mahasiswa dijadwalkan berlangsung selama satu bulan, dimulai 10 Oktober hingga 8 November 2014. Selama pertukaran mahasiswa, para peserta mengikuti sejumlah kegiatan, diantaranya pada  11-12 Oktober mengikuti International Camp yang diadakan oleh Faculty of Nursing KKU, di Ban Busai Homestay, Wangnamkheo, Nakhonratchasima.

International Camp diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara seperti Thailand, Indonesia dan Kamboja. Setiap perwakilan mahasiswa dari setiap negara menampilkan beberapa tarian dari negara masing-masing.

Kegiatan lain, yakni melakukan kunjungan dan praktik di Srinagarind Hospital Khon Kaen Hospital untuk stase keperawatan dewasa. Kemudian, kunjungan dan praktik di Nampong Village dan Nampong Primary Health (Puskesmas, red) untuk stase komunitas. Mahasiswa langsung diterjunkan ke rumah warga untuk mengkaji masalah keperawatan pada pasien.

Ketua Stikes Muhammadiyah Gombong, H Giyatmo MKep  mengatakan, program student exchange bertujuan agar mahasiswa peserta program mendapatkan pembelajaran di luar negeri, sehingga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Dengan melakukan pembelajaran di luar negeri, mahasiswa dapat menerapkan transcultural nursing dengan melakukan perawatan pada orang dengan bahasa dan budaya yang berbeda.

“Mahasiswa juga dapat mempelajari budaya dan bahasa asing sehingga diharapkan mampu dan siap menghadapi era pasar global,” katanya.

Lebih lanjut Giyatmo menjelaskan,  pada 27 Oktober – 1 November 2014, Stikes Muhammadiyah Gombong akan mengirimkan dosen dan staf untuk melaksanakan staff and lecturer exchange di FoN KKU.

“Dosen yang akan berangkat yaitu saya sendiri  (Giyatmo-red)  dan Isma Yuniar SKep Ns MKep. Sedangkan untuk staf ialah Ruat Hidayat Arif SIP dan Ani Muningsih SPd. Dosen akan memberikan pembelajaran di FoN KKU, sedangkan staff akan mempelajari tentang administrasi akademik dan internasional.” Pungkasnya.

Selain itu,  lanjut Giyatmo, pada 27 Oktober mendatang pihaknya akan melaksanakan penandatanganan MoU University to University dengan KKU di Khon Kaen. Peningkatan kerjasama bagi Stikes Muhammadiyah Gombong, merupakan kerjasama pertama dengan Faculty of Nursing KKU sekarang menjadi U to U. Sehingga meningkatkan dan meluaskan kesempatan Stikes untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti student, staff, dan lecturer exchange dan joint research dengan semua fakultas di KKU.

COMMUNITY

Materi Pelatihan