Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Teknik UMP Genjot Mahasiswa Susun PKM

Purwokerto-kopertis6.or.id -  Salah satu kunci sukses sebuah instansi Perguruan Tinggi (PT) adalah dibuktikan dengan prestasi. Pada setiap tahunnya Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) telah mengajukan lebih dari 300 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan lebih dari 10% lolos Dikti. Tentunya untuk mencapai hal itu, ada banyak langkah yang diupayakan diantarannya adalah pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal.

Bertempat di gedung Rektorat Aula AK. Anshori,  dua pembicara Anwar Ma’ruf ST.MT dan Endar Puspawiningtiyas M.T dosen fakultas Teknik, menggembleng mahasiswa fakultas Teknik semester tiga guna menggali ide kreatif pada workshop penyusunan proposal PKM, baru-baru ini.

Kegiatan workshop ini diisi dengan sharing mengenai pengetahuan seputar penyusunan proposal PKM, diantarannya pemaparan jenis PKM, bagaimana memulai, membangun sebuah ide, bagaimana mengembangkan gagasan, mengumpulkan data dan sebagainya.

Endar mengatakan,  mahasiswa seharusnya memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya, seperti pengajuan beasiswa. Perlu diingat, setiap Program Studi (Prodi) punya jatah beasiswa untuk mahasiswa. Bagi penerima beasiswa diwajibkan untuk membuat PKM, tidak sesuai dengan prodi tidak masalah, selagi itu dapat memunculkan keratifitas dalam menulis,” jelasnya.

PKM sendiri memiliki lima sub program, yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) PKM- Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsacipta (PKM-KC).

Waktu pengumpulan proposal PKM ke dikti jatuh pada 28 September mendatang, dengan waktu kurang dari tiga minggu tidak menyurutkan semangat dosen FT mendampingi mahasiswanya.

Anwar sebagai pemateri menjelaskan, tujuan diadakannya PKM adalah untuk mendorong kreativitas mahasiswa sejak awal dalam penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangkan gagasan dan penulisan ilmiah, kemudian melatih menulis secara terstruktur, mengalihkan kegiatan mahasiswa yang kurang produktif serta meningkatkan kemampuan lulusan untuk meraih kesempatan bekerja atau berwirausaha.

 

Dengan dilatihnya pembuatan PKM diharapkan dapat memudahkan mahasiswa ketika membuat proposal untuk tugas akhir maupun ketika sudah bekerja nantinya, Anwar menambahkan.

COMMUNITY

Materi Pelatihan