Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

UPS Tegal Adakan Pelatihan PEKERTI 2019

Tegal-lldikti6.ristekdikti.go.id - Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah di ruang Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal. Peserta pelatihan kali ini berjumlah 35 orang yang merupakan dosen baru yang berasal dari dalam UPS Tegal dan beberapa perguruan tinggi di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) UPS Tegal, yang merupakan program kerja tahun 2019. Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri pejabat struktural YPP Tegal serta jajaran Pimpinan UPS Tegal. 
Dalam laporannya Ketua pelaksana Pelatihan PEKERTI tahun 2019 M. Fajar Sidiq, S.T., M.Eng. menyampaikan bahwa pengembangan kompetensi dosen harus terus menerus dibina dan dikembangkan sehingga dosen mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran. Lebih lanjut Fajar Sidiq menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan PEKERTI maka dosen diharapkan mampu memahami  pengembangan kurikulum perguruan tinggi, membuat perencanaan (silabus, SAP, dan RPP), melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenenangkan serta mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dalam laporannya Fajar Sidiq menyampaikan jumlah peserta sebanyak 35 peserta dengan rincian dari beberapa perguruan tinggi di wilayah Tega dan sekitarnya seperti UPS Tegal, Poltek Trisila Dharma, Politeknik Baja Tegal, Politeknik Keselamatan Transportasi jalan Tegal, Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal, STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi, dan Politeknik Muhamadiyah Tegal. 
Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang untuk para peserta dan ucapan terima  kasih kepada LLDIKTI Wilayah VI yang telah melakukan pendampingan dalam pelatihan PEKERTI tahun 2019 di UPS Tegal. Dr. Burhan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan PEKERTI untuk peningkatan keterampilan dasr teknik instruksional tahun 2019 merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh LP3 UPS Tegal. Rektor juga berharap dosen-dosen muda dapat meningkatkan keterampilan dasar instruksional agar menjadi dosen yang berkualitas.
Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd.,Kons. menyampaikan bahwa lisensi bagi dosen adalah dengan sertifikat Pelatihan PEKERTI dan AA. Dengan sertifikat ini maka seorang dosen baru sah dikatakan dosen yang sebenarnya. Lebih lanjut Prof. DYP menyampaikan bahwa dosen merupakan garda terdepan dalam peningkatan mutu perguruan tinggi, indikatornya adalah mutu lulusan berkaitan dengan mutu dosen sehingga aktornya adalah mutu dosen di pergurun tinggi tesebut. Dalam penutupnya Prof. DYP mengungkapkan bahwa dosen merupakan profesi yang menyenangkan dan membuat kita selalu berpikir dan dinamis.

COMMUNITY

Materi Pelatihan