Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Desember 2016, Kopertis Menjadi L2Dikti



Solo-kopertis6.or.id - Isu mengenai perubahan bentuk Kopertis menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) yang selama ini menjadi teka-teki, kini mulai terjawab. Sebagaimana disampaikan Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc saat mewakili Menristek-Dikti, Prof. Mohamad Nasir pada acara pembukaan Rakor Kopertis se Indonesia yang berlangsung di rumah Dinas Walikota Surakarta, 1 September 2016 menyampaikan, sesuai UU No. 12 Tahun 2012 akan dibentuk lembaga berdasarkan wilayah yang akan membantu kementerian yang menangani pendidikan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi sebagaimana dikenal dengan L2Dikti.

“Karena ini merupakan amanat UU, maka ini adalah hal yang serius untuk segera dijalankan.   Kita sudah bertekad setelah kita berusaha mempengaruhi Menpan untuk  mengakomodasikan desain organisasi maupun eselon. Akhirnya itu mentok, dan kita bersepakat tidak perlu ada eselon.” kata Patdono.

Dia menjelaskan, garis besarnya Dikti Pusat kewenangannya akan dikurangi. Kemudian, kewenangan tersebut akan diturunkan ke L2Dikti. “Dikti Pusat hanya membuat kebijakan, sedangkan yang menjalankan kebijakan tersebut L2Dikti. Selanjutnya, akan dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Dikti Pusat terkait pelaksanaan kebijakan yang telah diturunkan kepada L2Dikti.”

Selain menyampaikan hal tersebut, Dirjen Kelembagaan juga menyampaikan terkait dengan Revitalisasi Pendidikan Vokasi. “Sudah dibuat rancangannya, dan Menristek sudah mulai sosialisasi. Pada prinsipnya Presiden minta jumlah perguruan tinggi (PT) Vokasi ditingkatkan, baik jumlah maupun mutu. Kemudian PT berbentuk universitas dikurangi jumlahnya.” Jelasnya.

Ditegaskan oleh Patdono, tahun depan ijin pendirian universitas dimoratorium. “Yang masih dibuka adalah ijin pendirian institut teknologi dan pendidikan vokasi, yaitu Akademi Komunitas dan Politeknik. “ tandasnya.

Penyelenggaraan Rakor berlangsung di Hotel Lor-in Solo dari tanggal 1-4 September 2016. Untuk acara pembukaan dilakukan di Loji Gandrung, rumah dinas Walikota Surakarta.

COMMUNITY

Materi Pelatihan