Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Pelepasan Peserta Kkn- Mu Untuk Negeri

Magelang-kopertis6.or.id  -  UM Magelang menggelar acara pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKN-Mu untuk Negeri), usai Upacara Bendera HUT RI ke-69 di Kampus 2 (17/8).  

Sebanyak sembilan peserta mengikuti acara pelepasan tersebut .  Sebelumnya, mereka telah mengikuti pembekalan selama dua,  mendapatkan materi Good Manufacturing Procedur oleh Agus Setiawan, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) oleh Agus Miswanto, Pemberdayaan Masyarakat oleh Sigit Priyanto,  Olahan Kedelai Menjadi Makanan dan Minuman Higienis oleh M. Aman.

Ketua  panitia KKN UM Magelang, M. Aman MT mengatakan, KKN-Mu untuk Negeri adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,  serta dakwah amar makruf nahi munkar oleh sebuah atau beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

.           Aman menambahkan, KKN-Mu untuk Negeri angkatan pertama dilaksanakan di Metro Lampung selama satu bulan, dari tanggal 17 Agustus hingga tanggal 17 September 2014. Kegiatan KKN Mu untuk Negeri  rencananya dilaksanakan setiap tahun oleh enam  PTM Perintis,  yakni  UAD, UM Magelang, UM Metro, Uhamka, UM Ponorogo, dan UM Purwokerto.  

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT menyampaikan  hal-hal yang telah dipersiapkan   peserta berkaitan dengan pemahaman, baik pengetahuan praktis maupun pengetahuan yang berkaitan dengan keagamaan,  karena  para peserta KKN akan mewakili UM Magelang  untuk terjun di masyarakat Metro. Masyarakat Metro, lanjut rektor, 90 % mayoritas merupakan masyarakat Jogja dan Jawa Tengah, sehingga tidak  heran bila di Metro ada yang namanya kampung Bantul, Wates, Kulonprogo.

“Selama mengikuti kegiatan KKN, para duta UM Magelang dapat menjaga nama baik almamater serta dapat menjadi teladan bagi teman-teman lainnya di kampus,” pesan rektor

Rektor juga memberikan apresiasi kepada LP3M UM Magelang yang telah bersinergi dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan PTM lainnya dalam menerjunkan mahasiswa peseta KKN untuk mengabdi di masyarakat Metro Lampung. Usai acara pelepasan, ke-9 peserta yang terdiri dari  lima orang mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, tiga orang mahasiswa Fakultas Teknik dan satu orang Fakultas Agama Islam langsung menuju ke UAD untuk bergabung dengan peserta KKN-Mu lainnya dan selanjutnya berangkat menuju lokasi KKN di Metro, Lampung.

COMMUNITY

Materi Pelatihan