Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Teknik Elektro UNIKA - KKL Ke PT. LEN Bandung

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id - Kunjungan industri Selasa (27/2) bagi mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata merupakan kegiatan yang mendekatkan keilmuan dengan dunia industri, dikemas dalam Kuliah Kerja Lapangan 2018 (KKL).

Hal ini  disampaikan  Ketua Program Studi Teknik Elektro Dr. Ir. Fl. Budi Setiawan, ST. MT, IPM saat mendampingi 77 mahasiswa di ruang meeting PT. LEN INDUSTRI Jalan Soekarno-Hatta No.442, Bandung. Budi menyampaikan juga, selain PT. LEN mahasiswa  akan melakukan kunjungan ke LIPI, PLTA Jati luhur dan beberapa tempat wisata yang ada diseputar Jawa Barat. 

Saat kunjungan banyak informasi yang didapat  mahasiswa, karena PT.LEN merupakan surga bagi orang teknik elektro, kata Asep Rahman Humas PT. LEN Industri. LAN didirikan sejak tahun 1965, LEN (Lembaga Elektroteknika Nasional) bertransformasi menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 1991.

 

Sejak saat itu, LEN bukan lagi merupakan kepanjangan dari Lembaga Elektroteknika Nasional, tetapi telah menjadi sebuah entitas bisnis profesional. Kepemilikan saham 100% oleh Pemerintah RI dan di bawah koordinasi Kementrian Negara BUMN.

 

Produk-produk bisnis dalam bidang elektronika, Broadcasting, telah dikembangkan selama lebih dari 30 tahun, dengan ratusan Pemancar TV dan Radio yang telah terpasang di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu,  jaringan infrastruktur telekomunikasi, elektronika untuk pertahanan, darat, laut, maupun udara untuk kepentingan TNI dan Polri, Sistem Persinyalan Kereta Api, Sistem Elektronika Daya untuk kereta api listrik serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang telah terpasang diberbagai pelosok Indonesia.

 

Berbagai produk yang fokus dengan elektro yang dihasilkan LEN, sehingga banyak menampung lulusan elektro. Saat ini ada 600 pegawai tetap dan 500 pegawai tidak tetap yang siap untuk mengembangkan diri, juga mereka yang berminat diempat anak perusahaan LEN.

Bella Puspaningrum, staf Humas LEN menantang pada peserta kunjungan industri kelak setelah lulus untuk berkompetisi dan bergabung dengan LEN, disini para ahli di bidang elektro akan mendapat kesempatan untuk mengimplentasikan gagasan cerdasnya, imbuhnya!.

Nico selaku ketua panitia KKL sangat puas dengan kunjungan tersebut. selain suasana kunjungan menjadi hidup dan banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa seputar Interlocking and Signalling System, Telecommunication System, Track Circuit System, Point Machine System, LCP/ VDU Equipment, PLC System, juga diakhiri dengan kunjungan prototipe Skytrain yang telah dioperasikan oleh PT Len Railways System (LRS) yang ada di lokasi LEN industri.  Dengan demikian, para mahasiswa dapat mengembangkan wawasannya serta tidak berhenti belajar sampai ditataran dunia kampus saja, melainkan membuka diri terhadap industri dan  perkembangan keilmuan teknik yang bersinggungan dengan disiplin ilmu teknik lainnya.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan