Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

UPGRIS-UNSOED Jalin Kerjasama

Surakarta-kopertis6.or.id-Universitas PGRI Semarang terus berupaya menjalin relasi dengan pelbagai institusi dan universitas lain, dari dalam maupun luar negeri. Pada  19 Agustus 2016 yang lalu, UPGRIS menjalin kerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Gagasan ini sebenarnya sudah muncul cukup lama, namun baru tahun ini terealisasi. Penandatangan kerjasama yang berlangsung  di ruang Rektorat Unsoed tersebut, berisikan kerjasama terkait dengan peningkatan kualitas lulusan.

Rektor UPGRIS, Dr Muhdi SH MHum mengatakan, kerja sama antar perguruan tinggi ini meliputi pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kedua pihak sepakat melaksanakan program pertukaran dosen, mahasiswa, dan program pengabdian masyarakat serta pengembangan kualitas riset.

“Unsoed adalah salah satu kampus dengan hasil riset unggulan, seperti riset bibit padi Inpago dan kedelai Unsoed. Kami harus belajar banyak,” kata Muhdi, yang merupakan alumni Fakultas Hukum Unsoed ini.

Lebih lanjut Muhdi memaparkan, untuk urusan pendidikan UPGRIS tentu lebih tua dan berpengalaman. Namun, di bidang ilmu murni UPGRIS masih perlu belajar dari Unsoed. Untuk itulah kerja sama ini pantas digagas.

“Semoga kerja sama ini dapat mengembangkan kualitas penelitian di kampus yang dipimpinnya. Selain itu, dia dapat mempelajari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan Unsoed.” harap orang nomor satu dijajajaran UPGRIS tersebut.

Rektor Unsoed, Dr Ir Achmad Iqbal Msi  menganggap kerja sama ini sangat penting. “Mari kita bangun komitmen bersama dalam melakukan kolaborasi akademi yang baik dalam hal tukar menukar kepakaran, mahasiswa, riset, maupun penelitian dan pengabdian masyarakat.” Pungkasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan