Thursday, December 13, 2018
   
TEXT_SIZE

Maknai Ramadan Sebagai Sarana Refleksi Diri

Semarang-kopertis6.or.id - Keluarga besar Civitas STIE Semarang kemarin sore, Senin (28/5) mengadakan Buka Bersama karyawan,dosen dan beberapa mahasiswa dengan mengundang penceramah ustadz Muhammad Hasanudin dari Klipang. Buka Bersama yang berlangsung di Hotel Pandanaran Semarang tersebut,  hadir Ketua Pengurus YAPENKOP Wanuri SE,MM, dan Ketua STIE Semarang Dr. Sunarto sekaligus memberikan sambutan.

Dalam ceramahnya Muhammad Hasanudin menjelaskan makna tentang bulan Ramadhan yang penuh berkah ini,  umat muslim diberikan waktu istimewa dari Tuhan Yang Maha Esa untuk merefleksikan diri dan menumbuhkan sisi spiritualnya. Namun, kebanyakan dari kita memaknai bulan Ramadhan hanya  sebagai bulan dimana umat muslim berpuasa selama satu bulan penuh.

Memang benar, umat muslim dilarang makan dan minum sampai matahari terbenam selama satu bulan penuh, meski sebenarnya berpuasa adalah hal yang lebih dari itu.” ungkapnya

Pada kesempatan tersebut dirinya mengajak keluarga besar Civitas STIE Semarang untuk mengingatkan kembali makna berpuasa sebenarnya. Menurutnya, puasa Ramadhan adalah perisai penghalang dari godaan hawa nafsu dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.

Sebagaimana sabda Rasul SAW, “Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).” tegasnya

Penekanan terhadap materi ceramah ditekankan pada rutinitas perintah wajib dan sunah dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kali ini.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan